Home Gaya Hidup Setelah Sebulan TMMD di Karimun

Setelah Sebulan TMMD di Karimun

Karimun, Gatra.com - Tak terasa sudah sebulan berlalu. Dan dalam rentang waktu itu pula, pembangunan gorong-gorong, pembangunan jalan baru sepanjang 1.198 meter dan semenisasi sepanjang 710 meter rampung dibikin di Desa Pongkar Kecamatan Tebing dan Desa Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Yang membikin semua itu adalah tentara, polisi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karimun dan masyarakat. Mereka tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Komando Distrik Militer (Kodim) 0317/TBK.

Itu baru kegiatan fisik. Yang non fisik ada juga. Satgas menyasar masyarakat dan pelajar soal wawasan kebangsaan, bahaya narkoba dan sederet kegiatan lain.

Untuk itu semua, duit sebanyak Rp1,95 miliar digelontorkan. Rp1,6 miliar dari Pemkab Karimun, sisanya dari Mabes TNI. "Biar tahan lama, saya berharap masyarakat setempat mau merawat jalan yang baru dibangun itu," pinta Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, saat menutup TMMD 105 itu di lapangan sepak bola Desa Pongkar, Kamis (8/8).

Lelaki 53 tahun ini tidak sendirian di sana. Dia ditemani oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto, Danlantamal IV TPI Laksma TNI Arsyad Abdullah, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie serta Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro.

Fadhilah cerita, TMMD ke-105 itu tidak hanya dilakukan di Karimun, tapi juga di lima Kodim lain yang ada di bawah komando Kodam I Bukit Barisan.

"TMMD yang diprogram tiga kali setahun. Ini merupakan program untuk mempercepat pembangunan di daerah demi kesejahteraan masyarakat," kata Fedhilah.

Bupati Karimun Aunur Rafiq pun mengucapkan terimakasih atas upaya maksimal yang sudah dilakukan oleh Kodam I Bukit Barisan dan jajarannya hingga semua pekerjaan yang direncanakan, rampung.

"Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar. Saya ucapkan terimakasih untuk semuanya, berkat dukungan dan kerja keras Satgas TMMD pembangunan ini terselesaikan tepat waktu," kata Rafiq.


Reporter: Putri Permata Sari

 

 

145