Home Gaya Hidup 1.345 Jamaah Debarkasi Palembang Kembali ke Tanah Air

1.345 Jamaah Debarkasi Palembang Kembali ke Tanah Air

 

Palembang, Gatra.com – Mencapai 1.345 jemaah haji asal dembarkasi tiba di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Para jemaah haji asal dembarkasi Palembang ini menjalani tahapan penerimaan sebelum masuk ke asrama haji.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang mengatakan, sebanyak 449 jamaah haji kloter tiga debarkasi Palembang mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, pada pukul 22.36 WIB. Dengan demikian, jamaah haji embarkasi/debarkasi Palembang yang sudah kembali ke tanah air berjumlah 1.345 jamaah, termasuk 15 petugas kloternya. “Tahun ini, kedatangan jemaah haji berlangsung menjelang tengah malam, sehingga kita juga melakukan penyambutan pada malam hari,” ujarnya, Senin (19/8).

Pada musim haji tahun ini, embarkasi Palembang memberangkatkan 8.509 jamaah yang terdiri dari 7.166 jemaah asal Sumsel, 1.248 jemaah asal Babel, dan petugas kloter sebanyak 95 orang. “Sampai dengan kedatangan jemaah haji kloter tiga, terdapat delapan jamaah yang wafat di Tanah Suci. Kloter 3 yang tiba malam ini berjumlah 449 orang, sama seperti saat berangkat karena tidak ada jamaah yang wafat ataupun tanazul,” jelas Fajri.

Ia menambahkan, jamaah kloter tiga ialah jamaah yang berasal dari OKU Timur dan Palembang. Setelah menjalani proses penyambutan di Asrama Haji diantaranya pengecekkan kesehatan, pembagian air zam-zam, pengembalian paspor, serta penyerahan tas dan bagasi, para jemaah baru diperkenankan dijemput keluarga, “Sebenarnya, asrama haji menyiapkan penginapan jika mereka ingin beristirahat, namun sepertinya panitia daerah akan langsung membawa mereka kembali ke daerah masing-masing pada malam hari ini juga karena dominan berasal dari Palembang,” jelas Fajri.

Humas PPIH Debarkasi Palembang Saefudin menambahkan PPIH Debarkasi Palembang akan menerima kedatangan jamaah kloter empat asal Lubuklinggau, Pagaralam, dan Palembang. Jemaah kloter empat yang menaiki pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV5302 dijadwalkan tiba di Bandara SMB II Palembang, pukul 22.25 WIB.

 

337