Home Politik Wacana Penggabungan Kementerian, Kemlu: Harus Adaptif

Wacana Penggabungan Kementerian, Kemlu: Harus Adaptif

Jakarta, Gatra.com - Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan penggabungan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dengan kementerian baru yaitu Kementerian Ekspor. Pihak Kemlu belum bisa berkomentar banyak soal wacana ini.

"Persiapan khusus [mengenai penggabungan kementerian] belum ada, karena konsep penggabungannya pun masih belum diperoleh Kemlu," ucap pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, saat dihubungi Gatra.com pada Selasa siang (20/8).

Baca juga: BKN: Tidak Semua Kementerian Pindah ke Ibu Kota Baru

Selain belum bisa memberikan rincian persiapan mengenai penggabungan kementerian ini, Faiza juga mengatakan, Kemlu dalam posisi menyiapkan diri dan adaptasi untuk perubahan tersebut.

"Restrukturisasi yang diberitakan atas Kemlu merupakan bagian dari proses adaptasi ini," kata Faiza.

Baca juga: Ini Syarat Menteri Baru Jokowi Versi Sekjen PDIP

Menurut Faiza, Kemlu sebagai sebuah organisasi kenegaraan, tentunya harus dalam keadaan yang adaptif karena perubahan, perkembangan, dan tantangan tentu akan terjadi dari waktu ke waktu bagi sebuah organisasi.

Selain menggabungkan Kemlu dan Kementerian Ekspor, Jokowi juga mengatakan, akan ada kementerian baru, yaitu Kementerian Investasi.

213