Home Teknologi Taiwan Excellence Kenalkan Teknologi Unggulan Industri 4.0

Taiwan Excellence Kenalkan Teknologi Unggulan Industri 4.0

Jakarta, Gatra.com - Taiwan Excellence menggandeng lima merek asal Taiwan, diantaranya Acer, Advantech, ICP DAS, LIPS dan LIVA (Elitegroup Computer Systems Co, Ltd), yang memiliki nama besar dalam sektor industri Internet of Things (IoT) ikut berpartisipasi pada Konferensi Asia IoT Business Platform (AIBP) di Jakarta pada 28-29 Agustus 2019.

Kehadiran lima perusahaan tersebut mendukung realisasi industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Adapun keikutsertaan Taiwan Excellence dalam AIBP merupakan yang ketiga kali sepanjang penyelenggaraannya.

Solution Architect ACER, Raymond Ang memperkenalkan Sistem Just-in-Time yang semakin memperkuat posisinya dalam jajaran produsen personal computer (PC) dunia.

"Sistem tersebut dapat mengontrol informasi tentang sumber daya air, daya listrik, hingga hasil pertanian dengan mudah," ujarnya.

Melalui sistem tersebut, penggunanya dapat melakukan analisis tanah, serta mengukur intensitas cahaya, kelembaban, suhu, kecepatan angin, dan parameter-parameter lainnya.

Country Sales Director Advantech, Ramdani Gumilar mengungkapkan pihaknya bekerjasama dengan eksekutif dari berbagai industri melalui strategi Co-Creation, guna memperkuat sektor industri Internet of Things (IoT) dan dapat memiliki pengaruh di setiap sudut Smart City (kota pintar).

"Kami membuka gerbang yang memisahkan antara pelaku otomasi dan pelaku teknologi informasi," tuturnya.

Director ICP DAS, Paulus Budisantoso memperkenalkan Panduan Sistem Pantau WISE yang mampu meningkatkan efisiensi pekerjaan dalam pabrik.

"Sistem ini dapat mengontrol pekerjaan-pekerjaan di pabrik dengan mudah dari jarak jauh, merealisasikan intelengensi pabrik," jelasnya.

Senior Manager LIPS, Wen Yen Lin mengungkapkan pihaknya bersama Institut Teknologi Massachusetts (MIT) mengembangkan Kamera Sensor 3D yang semakin mewarnai teknologi pengenalan wajah (face recognition).

"Kamera ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah orang, sensor pengenalan wajah, lengan robot dan lain-lain, serta custom-made berdasarkan permintaan klien," terangnya.

Marketing Communications LIVE, Wieke Widianty mengungkapkan Mini PC LIVA Z2 yang diproduksi perusahaannya hanya memiliki ukuran sebesar telapak tangan, memiliki spesifikasi yang lengkap, tidak menggunakan kipas, dan tidak bising.

"Anda memiliki ruang yamg lebih luas dalam meja. Sangat cocok untuk digunakan di dalam pabrik. Semua bagian Mini PC ini sangatlah mengagumkan melihat ukurannya yang kecil," ungkapnya.

226