Home Milenial B. J. Habibie, Founding Fathers Lembaga Pengawasan

B. J. Habibie, Founding Fathers Lembaga Pengawasan

 

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Ombudsman RI (ORI), Lely Pelitasari mengenang peran B. J. Habibie sebagai founding fathers lembaga pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik. Hal itu disampaikan dalam acara "Ngopi Bareng Ombudsman", di Kantor ORI, Jakarta, Kamis (12/9).

"Kami menyampaikan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya BJ Habibie. Ombudsman memiliki rasa kehilangan yang teramat besar," kata Lely.

Menurut dia, orang yang pertama kali memiliki inisiatif untuk membentuk dan membangun Ombudsman RI ialah Habibie. Saat itu, ia masih menjabat sebagai Presiden RI ke-3. Namun, inisiatif itu baru diproses dan ditetapkan saat presiden berikutnya yaitu Abdurahman Wahid atau Gusdur menjabat.

"Sesungguhnya inisiatif membangun dan membentuk Ombudsman RI. Hadir pada saat beliau [masih] menjadi presiden. Diproses dan ditetapkan saat Gusdur menjadi presiden. Artinya, sebagai pelekat dasar founding fathers Ombudsman adalah beliau," imbuh Lely.

Selain itu, Lely beranggapan, Habibie adalah salah satu tokoh yang sangat berjasa di bidang teknologi. Baginya, kontribusi Habibie di bidang teknologi tidak akan bisa tergantikan sampai kapan pun.

Tidak berhenti di situ, menurut Lely, beberapa jasa Presiden RI ke-3 itu di bidang demokrasi, birokrasi, hingga reformasi. Ia mengatakan, Habibie patut dikenang seluruh rakyat Indonesia.

477