Home Politik Mahasiswa Tolak RUU KUHP, Ribuan Polisi Siaga di DPR

Mahasiswa Tolak RUU KUHP, Ribuan Polisi Siaga di DPR

Jakarta, Gatra.com -- Jajaran kepolisian telah menyiapkan pengamanan untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa yang hari ini (23/9) akan digelar di depan gedung DPR/MPR. Polisi menyebut ribuan personel disiagakan untuk mengamankan aksi tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan surat pemberitahuan akan ada aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para mahasiswa. "Ada surat prmberitahuan oleh mahasiswa sekitar 2000 orang di DPR menolak RUU KUHP," ujar Argo saat dikonfirmasi pada Senin (23/9).

Sebagai antisipasi aksi penolakan pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) polisi disebut telah menyiapkan pengamanan dengan menyiagakan sejumlah personel.

"Di DPR personel pengamanan sebanyak 5.500 personel gabungan," ujarnya. Sebelumnya, pembahasan soal RKUHP ini memantik sejumlah kontroversi. Presiden Joko Widodo akhirnya meminta DPR untuk menunda pengesahan RKUHP karena terdapat sejumlah pasal yang menuai kritik dari masyarakat. 

189