Home Internasional Roket Hantam Penampungan Pasukan AS di Irak, 4 Orang Terluka

Roket Hantam Penampungan Pasukan AS di Irak, 4 Orang Terluka

Baghdad, Gatra.com - Sebuah roket menghantam pangkalan udara AS di utara Baghdad, Irak pada hari Minggu (12/1). Kejadian ini melukai setidaknya empat tentara Irak. Belum ada informasi lebih lanjut yang dilaporkan mengenai para korban.

Diketahui, ada enam roket menghantam pangkalan Al Balad, yang menampung pelatih dan penasihat AS yang menyediakan layanan perawatan untuk pesawat F-16. Beberapa proyektil jatuh di sebuah restoran di dalam pa ngkalan udara.

Serangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Iran menembakkan rudal balistik di dua pangkalan di Irak yang menampung pasukan AS, meski tidak menimbulkan korban. Namun, berbagai sumber mengatakan, mayoritas penerbang AS yang ditempatkan di pangkalan udara Al Balad, 80 km (50 mil) utara Baghdad telah pergi.

Beberapa peluru menghantam landasan pacu udara, sementara satu lainnya menghantam gerbang. "Tiga tentara Irak yang berjaga-jaga di gerbang pangkalan udara terluka akibat penembakan itu," kata seorang perwira polisi di provinsi utara Saladin, Kolonel Mohammed Khalil seperti yang dilansir dari Aljazeera, Senin (13/1).

Sementara The Associated Press mengutip seorang pejabat pertahanan yang tak teridentifikasi namanya yang mengatakan, bahwa ada para ahli, pelatih, dan penasihat Amerika di pangkalan itu. Sejauh ini, tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan yang terjadi di tengah ketegangan antara AS dan Iran selama dua minggu terakhir.

Pekan lalu, Iran melancarkan serangan rudal terhadap dua pangkalan udara Irak yang menjadi tempat tentara AS sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan tinggi Iran Qassem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad.

Serangan balasan Iran atas kematian Soleimani menghantam dua pangkalan Irak, Ain al-Asad dan Erbil, tempat pasukan Amerika berpangkalan. Serangan Iran yang terbatas tampaknya ingin unjuk kekuatan dan mengurangi ancaman untuk mengubah Irak menjadi medan perang proksi.

409