Home Olahraga Resmi! PON 2020 Akan Diselenggarakan Tahun Depan

Resmi! PON 2020 Akan Diselenggarakan Tahun Depan

Jakarta, Gatra.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX yang seyogianya akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ini, akhirnya resmi dibatalkan akibat wabah Covid-19. Hal tersebut diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali beserta beberapa menteri terkait. 

 

 

"Dari laporan yang kami sampaikan baik oleh Menko PMK dan Menpora serta ada beberapa menteri juga yang menyampaikan masukan maka bapak presiden memutuskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional yang ke-20 dan Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) yang ke-16 yang sedianya akan dilakukan pada bulan Oktober tahun 2020 ditunda menjadi Oktober tahun 2021," papar Zainudin saat konferensi pers virtual, Jakarta, Kamis (23/4). 

 

Hal tersebut diputuskan Jokowi setelah mendengar berbagai masukan dari para menterinya mengenai kondisi dan status dari Papua yang juga masuk dalam daerah rawan Covid-19.

Baca jugaWabah Corona, Pelatda Maluku untuk PON Papua Ditunda

 

"(Saya menyampaikan) pertama tentang kondisi venue,  pekerjaan-pekerjaan baik yang sudah selesai maupun yang belum selesai. Yang kedua untuk penginapan dan yang ketiga untuk pengadaan peralatan serta keempat kesiapan kontingen. Kelima adalah kesiapan penyelenggara atau Panitia Besar PON itu sendiri," tutur politisi partai Golkar tersebut. 

 

Mantan Ketua Komisi II DPR RI itu juga menerangkan, dipilihnya bulan Oktober mengingat jadwal yang padat tahun depan. Jadwal yang juga ditunda seperti Olimpiade Tokyo pun dipertandingkan pada tahun depan. 

 

"Kita mulai April sudah ada kegiatan dan Mei, Juni itu ada Piala Dunia U-20, kemudian Juli ada Asean School Games, kemudian ada juga Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo yang tadinya 2020 ini tetapi dipindahkan atau ditunda menjadi Juli dan Agustus tahun 2021," ujarnya. 

 

"Oktober di situ kita usulkan untuk pelaksanaan PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI dan akhirnya disetujui oleh Bapak Presiden dan beliau memutuskan Oktober, karena November kita sudah ada kegiatan Sea Games kembali, disamping itu juga ada Asian Youth Games, ada Moto GP Mandalika, waktu yang ada dalam pilihan buat kita adalah bulan Oktober tahun 2021," tutup Zainudin. 

 

249