Home Kesehatan Palembang Masih PSBB, Ini 4 Wilayah Bisa Jalani New Normal

Palembang Masih PSBB, Ini 4 Wilayah Bisa Jalani New Normal

Palembang, Gatra.com – Kota Palembang yang tengah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dinyatakan belum akan menjalani fase kehidupan baru normal (new normal).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Sumsel, Yusri, mengatakan di Provinsi Sumatara Selatan (Sumsel) terdapat empat kota dan kabupaten yang mendapatkan persetujuan menjalankan kehidupan normal baru (new normal) dari pemerintah pusat. Keempat wilayah tersebut di antaranya kota Pagar Alam, kabupaten PALI, Empat Lawang, dan OKU Selatan. “Keempat wilayah tersebut dinilai memiliki jumlah kasus yang sedikit, sehingga dianggap akan bisa melaksanakan new normal,” ujarnya, dalam konfrensi pers yang dilaksanakan secara virtual, Minggu (31/5).

Untuk Palembang, Yusri menegaskan masih akan melaksankaan PSBB sesuai dengan keputusan Kementrian Kesehatan untuk kemudian mengevaluasi pelaksanaan PSBB tersebut. “Sementara Palembang masih akan dikaji, masih butuh penilaian, evaluasi, dan pengkajian tim-tim ahli,” sambung ia.

Kehidupan normal baru diartikan sebagai tatanan kehidupan normal dengan masih menjalankan prosedur kesehatan covid 19 dalam kesehariannya, seperti menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing) dan pola hidup bersih lainnya.

Baca lainnya : https://www.gatra.com/detail/news/479983/kesehatan/saat-psbb-pasien-positif-covid-19-dari-palembang-tertinggi

Yusri mengakui jika di empat wilayah tersebut masih terdapat kasus pasien terkonfirmasi positif covid 19, namun jumlahnya tidak banyak. Terpenting dari pelaksanaan kehidupan normal baru, ialah kepatuhan masyarakat dalam menaati prosedur penanganan covid 19 sehingga dinilai mampu memutus penyebaran virus tersebut.

“Kasus terkonfirmasi virus ada namun sedikit. Masyarakat hendaknya terus memutus mata rantai penyebaran virus di wilayahnya. Meski new normal, masih akan menjalankan kehidupan bersih dan sehat,” pungkasnya.

Sementara di provinsi Sumsel, jumlah terkonfirmasi positif covid 19 sampai dengan 31 Mei sudah sebanyak  982 pasien.

1438