Home Milenial Penuh Haru, Pertama Kali Unnes Wisuda Mahasiswa Via Daring

Penuh Haru, Pertama Kali Unnes Wisuda Mahasiswa Via Daring

Semarang, Gatra.com - Ratusan wisudawan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk pertama kalinya melaksanakan prosesi wisuda via daring atau online, Selasa (16/6).

Meski dilaksanakan secara daring, suasana khidmat dan haru begitu terasa di setiap prosesnya. Beberapa mahasiswa bahkan tanpak menitikan air mata.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman  mengatakan pelaksanaan wisuda ke 102 ini yang dilakukan secara daring ini merupakan kebijakan dari Kemendikbud, Kemenkes, dan Edaran Walikota Semarang untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Hari ini ada 627 peserta wisuda yang mengikuti upacara wisuda secara daring, didampingi oleh orang tua dan keluarga di rumah. Saya ucapakan selamat dan sukses," ujar Fathur.

Dalam sambutannya Fathur meminta kepada seluruh wisudawan untuk selalu adaptif terhadap perubahan dan antusias dalam menghadapi perubahan yang cepat. 

“Dalam era disrupsi, perubahan tidak terjadi secara bertahap seperti orang meniti tangga. Perubahan pada era itu lebih menyerupai ledakan gunung berapi yang meluluhlantakkan ekosistem lama dan menggantinya dengan eksosistem baru yang sama sekali berbeda. Kita harus cepat adaptif dan antusias dalam  perubahan yang sangat cepat," katanya.

Fathur juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh wisudawan atas usaha mereka dalam memajukan universitas.

"Wisuda ini bukanlah muara akhir dari sebuah perjalanan, karena saudara-saudara  masih akan terus dituntut untuk mengaplikasikan keahliannya dan terus belajar untuk dapat berkontribusi secara maksimal dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat luas secara profesional," ujarnya.

Salah satu wisudawan dari Fakultas Bahasa dan Seni, Ponco Hapsari mengaku, bahagia dapat mengikuti prosesi wisuda daring ini.

"Iya terharu banget, tadi sempat nangis karena inget ibu, bapak, dan keluarga  dirumah. Tapi tidak apa-apa biarkan ini jadi kenangan karena mungkin wisuda online hanya akan ada saat ini," ucapnya penuh haru.

Gadis asal Kabupaten Karanganyar ini mengaku, pelaksanaan wisuda secara online ini juga menghemat pengeluarannya.

"Iya hemat ongkos karena keluarga tidak kesini. Tidak dandan juga, tidak ada syukuran. Semua serba sederhana karena kondisinya juga seperti ini sekarang," ujarnya.

Untuk diketahui dalam wisuda kali ini, Unnes mewisuda  9 Doktor, 57 Magister, 558  Sarjana, 3 lulusan Diploma. 

Dengan rincian peserta dari Pascasarjana (S3 dan S2) 66 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan (S1) 80 orang, Fakultas Bahasa dan Seni (S1) 118 orang, Fakultas Ilmu Sosial (S1) 48 orang, Fakultas Matematika dan IPA (S1 dan D3)  66 orang, Fakultas Teknik (S1) 46 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan (S1) 81 orang, Fakultas Ekonomi (S1) 78 Orang, dan Fakultas Hukum (S1) 44 Orang.

262