Home Kesehatan Tes Masal Masif, Antrian Uji Sampel PCR Membludak

Tes Masal Masif, Antrian Uji Sampel PCR Membludak

Semarang,Gatra.com - Tes masal covid-19 yang digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membuat antrian pemeriksaan sampel swab tes di RSUD KRMT Wongsonegoro membludak.
 
Direktur RSUD Wongosonegoro Susi Herawati mengatakan, tes masal covid-19 yang digalakan di Kota Semarang, membuat tenaga medis khususnya tim Laboratorium bekerja  ekstra selama 24 jam dalam 7 hari.
 
"Dalam sehari ada 12  orang analis, dan 4 orang spesialis patologi yang mengerjakan 350 sampel. Kalau sampel yang disetorkan lebih banyak dari itu, maka ada antrian yang cukup banyak," ujarnya, Jumat (19/6)
 
Susi menyebutkan, hingga Kamis (18/6) kemarin, antrian hasil PCR di rumah sakit milik Pemkot Semarang ini berkisar di angka 500. Sedangkan, kekuatan sampel tes yang diambil dapat bertahan hingga tujuh hari.
 
"Kami mempunyai 2 PCR yang mampu menguji 400 sampel dan ekstraksi otomatis. Tapi karena terkendala reagen ekstraksi otomatis kami hanya mampu menguji 300 an sampel per hari," jelasnya.
 
Menurut Susi, pemeriksaan sampel jika menggunakan reagen otomatis hanya membutuhkan waktu 3-4  jam, sedangkan reagen manual membutuhkan waktu hingga 6-7 jam.
 
"Setelah sampel datang, kita urai dulu dengan cara di ekstraksi ini yang bikin lama apalagi kalau manual," jelasnya.
 
Saat ini, katanya, RSUD Wongosnegoro tak lagi menerima uji sampel dari daerah lain seperti Jepara, Kudus, Tegal, Demak, Kendal dan Pekalongan.
 
"Kita fokus mengerjakan yang milik Kota Semarang dulu supaya tidak ada antrian apalagi saat ini Pemkot sedang gencar gencarnya melakukan tes masal," tandasnya.
 
165