Home Internasional Inggris: Eropa Hadapi Gelombang Kedua COVID-19

Inggris: Eropa Hadapi Gelombang Kedua COVID-19

London, Gatra.com - Sekretaris Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya khawatir mengenai serangan gelombang kedua infeksi coronavirus di Eropa. Artinya bahwa pemerintah tidak akan ragu untuk mengembalikan tindakan karantina jika diperlukan guna menjaga keamanan Inggris dari Covid-19.

“Saya khawatir tentang gelombang kedua. Saya pikir Anda dapat melihat gelombang kedua mulai bergulir di seluruh Eropa, dan kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk mencegahnya, dan menanganinya,” kata Hancock dalam sebuah wawancara di Sky News, dikutip Reuters, Kamis (30/7).

“Kami memiliki keprihatinan signifikan tentang gelombang kedua yang datang di Eropa. Dan itu bukan hanya di Spanyol ... tetapi ada negara-negara lain juga di mana jumlah kasus meningkat. Dan kami benar-benar bertekad untuk melakukan segala yang kami bisa untuk menjaga keamanan negara ini,” katanya.

Diketahui Inggris kembali memberlakukan masa karantina 14 hari pada orang-orang yang tiba dari Spanyol minggu lalu, meski itu dikritik oleh kalangan industri penerbangan dan otoritas Spanyol.

Namun, negara-negara Eropa lainnya yakni kalangan turis yang akan berlibur di musim panas, seperti Prancis, tetap dibebaskan dari tindakan karantina karena dianggap keadaannya sudah membaik. Sekalipun menimbulkan tingkat peningkatan infeksi, yang mengarah pada kekhawatiran bahwa mereka juga akan segera dikenakan tindakan karantina.

91