Home Gaya Hidup Sapi Jokowi Diserahkan oleh Achmad Purnomo

Sapi Jokowi Diserahkan oleh Achmad Purnomo

Solo, Gatra.com - Presiden Joko Widodo menyumbangkan dua ekor sapi untuk disembelih di dua masjid di Solo. Penyerahan sapi dilakukan oleh Pemkot Solo yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

Usai melakukan Salat Id di Masjid Balai Kota Solo, Achmad Purnomo langsung menyerahkan sapi presiden Joko Widodo ke Masjid Agung Surakarta. "Ya saya bagi tugas dengan pak Yani (Sekda Solo Ahyani). Saya di sini dan pak Yani di Masjid Al Wustho," ucap Purnomo usai Salat Id.

Setiap tahun Presiden Joko Widodo rutin menyerahkan sapi kurban di dua masjid tersebut. Purnomo juga selalu menjadi perwakilan Pemkot Solo yang menyerahkan sapi kurban Jokowi.

Sementara itu Ketua panitia kurban Masjid Agung Surakarta, Muhammad Maulud Munif mengatakan sapi dari presiden Jokowi beratnya mencapai 1,02 ton. Rencanakan panitia tidak langsung melakukan penyembelihan di hari Jumat.

"Karena hari Jumat waktunya mepet, makanya kami memutuskan menyembelih di hari Sabtu," ucapnya.

Nantinya daging kurban tidak akan dibagikan di masjid seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun daging kurban akan dikirimkan pada warga di sekitar masjid dan kepada warga yang berhak menerima.

"Kali ini berbeda karena tidak boleh ada pengumpulan massa. Ini menjadi protokol kesehatan saat Covid-19," ucapnya.

Selain di Masjid Agung, Presiden Jokowi juga menyerahkan sapi jenis limosin di Masjid Al Wustho Mangkunegaran. Untuk penyembelihan sapi presiden di masjid Al Wustho dilakukan hari ini. Sapi yang disembelih beratnya 930 kilogram.

731