Home Internasional Kasus COVID-19 Meningkat di 22 Negara Bagian AS

Kasus COVID-19 Meningkat di 22 Negara Bagian AS

Washington, D.C, Gatra.com - Kasus COVID-19 meningkat di 22 negara bagian dari 50 negara bagian AS, menurut analisis Reuters.

Tren ini mengkhawatirkan ketika liburan akhir pekan Hari Buruh yang biasanya diisi dengan pertemuan keluarga dan pesta, untuk menandai akhir musim panas.

Dikutip Reuters, Senin (7/9), tiga minggu lalu, kasus Covid-19 meningkat hanya di tiga negara bagian - Hawaii, Illinois dan South Dakota - menurut analisis yang membandingkan kasus untuk periode dua minggu dari 8 Agustus hingga 22 Agustus, dengan dua minggu terakhir.

Sebagian besar dari 22 negara bagian di mana kasus sekarang meningkat, berada di bagian yang berpenduduk lebih sedikit di Midwest dan Selatan.

Berdasarkan persentase, South Dakota mengalami peningkatan terbesar selama dua minggu terakhir sebesar 126 persen, dan melaporkan lebih dari 3.700 kasus baru. 

Pejabat kesehatan telah mengaitkan beberapa kenaikan tersebut dengan ratusan ribu pengendara sepeda motor yang turun di Sturgis, South Dakota, untuk unjuk rasa tahunan di bulan Agustus.

Kasus juga meningkat pesat di Iowa, dengan 13.600 infeksi baru dalam dua minggu terakhir, dan North Dakota, dengan 3.600 kasus baru dalam periode yang sama.

Peningkatan ini tertutupi secara nasional dengan mengurangi infeksi baru di negara bagian California, Florida dan Texas yang paling padat penduduknya.

Menurut analisis Reuters terhadap data negara bagian dan kabupaten, di California, kasus sempat turun 39.000 selama dua minggu terakhir dibandingkan dengan dua minggu sebelumnya, yang jika dibandingkan dengan peningkatan 37.000 kasus di 22 negara bagian pada periode yang sama.

Sementara kasus secara nasional telah turun dari puncaknya pada bulan Juli, ketika Amerika Serikat akan memasuki liburan akhir pekan Hari Buruh dengan rata-rata 44.000 kasus baru per hari - dua kali lipat jumlah menjelang akhir pekan Hari Peringatan 23 Mei hingga 25 Mei.

Banyak pakar kesehatan menyalahkan lonjakan bulan Juli pada pertemuan sosial yang diadakan di sekitar Hari Peringatan.

Pada saat yang sama, Amerika Serikat terus mencatat rata-rata sekitar 1.000 kematian baru akibat COVID-19 setiap hari, dengan jumlah total meninggal mendekati 190.000 - jumlah kematian tertinggi di dunia.

Yang juga berkontribusi pada lonjakan kasus AS adalah pembukaan kembali sekolah dan perguruan tinggi di banyak daerah dan pertemuan besar terjadi, meskipun ada peringatan dari para ahli kesehatan, mulai dari protes terhadap ketidakadilan rasial hingga unjuk rasa untuk mendukung Presiden Donald Trump.

Pakar penyakit menular pemerintah, Dr Anthony Fauci, mengatakan bahwa sangat penting bahwa wabah itu diatasi sebelum cuaca dingin tiba, ketika kasus influenza cenderung meningkat bersamaan dengan COVID-19 dan lebih banyak orang mulai pindah ke dalam ruangan, yang berpotensi meningkatkan risiko penularan.

132