Home Ekonomi Wamendes: Aplikasi Smart Dorong Majukan Desa

Wamendes: Aplikasi Smart Dorong Majukan Desa

Jakarta, Gatra.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggl dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi, mengatakan bahwa aplikasi Subang Smart Desa dan Kelurahan dapat mendorong memajukan daerah, khususnya desa.

Budi Arie dalam keterangan tertulis, menyampaikan pernyataan tersebut saat membuka sekaligus memberikan arahan kebijakan dalam Peluncuran Aplikasi Subang Smart Desa dan Kelurahan di Desa Kawunganten, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), Senin (28/12).

Menurutnya, aplikasi ini bukan hanya sekadar memudahkan masyarakat desa dan kelurahan di Subang dalam mendapatkan layanan administrasi, tapi juga kesehatan dan perekonomian.

"Aplikasi ini alat atau instrumen kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan. Harus terus dikembangkan dan di disempurkan. Ekosistemnya harus terbentuk, " kata Budi Arie.

Wamendes PDTT menjelaskan bahwa aplikasi desa dan kelurahan cerdas ini harus dimanfaatkann secara cerdas pula. Penggunaan aplikasi berikut usulan perbaikan dari masyarakat sangat dinanti. Perangkat desa juga harus cerdas dalam menyikapinya.

"Aplikasi cerdas akan bermanfaat di tangan pengguna yang cerdas pula. Gunakan aplikasi ini untuk mendukung produktivitas masyarakat desa," ujar Budi Arie.

Dalam acara tersebut, Budi Arie didampingi Direktur SDA Ditjen PKP Kemendes Mulyadin Malik, Sekda Kabupaten Subang H. Aminudin, serta Ketua DPRD Kabupaten Subang H. Narca Sukanda.

124