Home Ekonomi Pemulihan Ekonomi Covid-19 Dibutuhkan Pendekatan Konprehensip

Pemulihan Ekonomi Covid-19 Dibutuhkan Pendekatan Konprehensip

Lombok Barat, Gatra.com- International Confrence On Finance And Bangking yang diikuti 60 peserta dari kalangan akademisi UIN Mataram, Perguruan Tinggi dalam Luar negeri sesungguhnya ingin mempresentaskan sejumlah hasil penelitian atau kajian dari para akademisi bahwa untuk memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi diperlukan pendekatan komprehensif untukbisa mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi.

 

“Memang lokus besarnya soa kesehatan tetapi dampak ekonominya cukup besar. Karena itu tinjauan dari aspek manajement, aspek perbankan, aspek sosial budaya perlu dikembangkan. Ini menyangkut nasib masyarakat luas. Jadi tidak bisa pendekatan secara sektoral . Tapi memerlukan pendekatan yang multidisiplin dalam mengatasi Covid-19 ini, mengingat Covid ini berdampak terhadap berbagai sector,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Neger Mataram (UIN) Mataram, Dr. Ahmad Amir Aziz, M.Ag dtemui Gatra.com, Kamis (8/7) di Lombok Barat.

Sebelumnya mantan Wakil Rektor UIN Mataram ini mengungkapkan, di tengah pandemi yang tak berujung saat ini betapa besar problem yang dihadapi semua masyarakat terutama masyarakat ekonomi kelas bawah untuk bisa bekerja keras agar keluar dari krisis ini.

“Karena itu kehadiran Perguruan Tinggi seperti para akademisi di UIN Mataram ini sangat dibutuhkan kontribusinya berdasarkan riset dengan strategi-strategi yang harus betul-betul jitu dilakukan bagi upaya pemulihan ekonomi masyarakat. Baik dari sisi manajementnya, tata pengelolaan UMKMnya termasuk kebijakan-kebijakan yag mesti kita dorong,” kata Amir Azis.

Karena itu melalui conference seperti ini lanjut Amir Aziz, ingin mencoba membedah itu semua agar nantinya masyarakat bisa keluar dari krisis ekonomi saat pandemi ini dan kembali memperoleh basis ekonomi yang standar atau layak seperti sebelumnya.

Pada penutupan konfrence tersebut Dekan FEBI UIN Mataram ini menyerahkan penghargaan kepada presentase terbaik. Diantaranya Presentator venue I (online) Dr. Mohd. Arif dan Dr. Amjid Nadeem. Judul artikel Empirical Analysis of Indonesia in Flow With Gravity and Tradel Variabel.

Selanjutnya Presentator venue II (online) Natara Devi Anafia dan Maria Ulfah/FEB UI dengan judul artikel Covid-19 Outbrake Impact on Firm Performance Listed in Indonesia Stock Exchange in Various Sectors. Presesenttor venue III (Offline) Siti Ahdina Saadatirrahmi ) FEBI UIN Mataram judul artikel Contribution of Islamic Consumption Behaviour in Overcoming Economic Problem Due To the Covid-19.

1048