Home Kesehatan RS YARSI Merawat Warga Korea yang COVID-19 Hingga Sembuh

RS YARSI Merawat Warga Korea yang COVID-19 Hingga Sembuh

Jakarta, Gatra.com - Di masa penyebaran COVID-19 yang sangat cepat di Indonesia, banyak pasien warga negara Korea yang terkonfirmasi positif virus menular tersebut yang bergejala berat serta kesulitan dalam mendapatkan kamar perawatan di rumah sakit. Meski demikian, Rumah Sakit (RS) YARSI telah membantunya dengan menyediakan bangsal terpisah untuk pasien warga negara Korea dan merawat mereka dengan sangat baik.

Sejauh ini, dari 23 pasien warga negara Korea yang terkonfirmasi positif virus corona yang bergejala berat telah dirawat di RS YARSI, 22 pasiennya telah dinyatakan sembuh dan kini hanya satu orang yang masih menjalani perawatan. Menurut data Kedutaan Besar (Kedubes) Repulik Korea untuk Indonesia, dari 46 kasus positif COVID-19 di Jakarta, 50 persennya dirawat di RS YARSI dan itu merupakan angka tertinggi di antara semua Rumah Sakit di Indonesia, seperti dilansir dari siaran pers yang diperoleh Gatra.com pada Selasa (17/8).

Hal ini menjadikan alasan Kedubes Republik Korea untuk Indonesia dan Asosiasi Restoran Korea di Indonesia (ARKI) memilih RS YARSI sebagai sasaran Food Sharing Event pertamanya, yang bertepatan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun, 17 Agustus 2021. Di mana sebanyak 1.100 buah kotak makan berisikan makanan Korea yang disediakan oleh Kedubes Republik Korea dan ARKI, akan diberikan untuk para tenaga medis RS YARSI yang berjuang di garda terdepan untuk penanganan virus corona.

"Kedua negara yang memperoleh kemerdekaan secara bersamaan pada tahun yang sama, bulan yang sama dan minggu yang sama sekarang berupaya untuk memperoleh kemenangan dari perang melawan COVID-19," kata Duta Besar (Dubes) Republik Korea untuk Indonesia Park Tae-sung.

"Dengan sepenuh hati saya berharap Korea dan Indonesia dapat terus mempertahankan hubungan 'teman sejati dan sehati' selamanya," imbuhnya.

Kedubes Republik Korea untuk Indonesia dan ARKI menyelenggarakan acara kali ini dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), diharapkan dapat memberikan efek yang sama dalam memperlihatkan semangat kerjasama kedua negara guna menangani virus corona dan mempromosikan kuliner Korea.

"Saya sangat berharap kegiatan pembagian makanan ini dapat membantu, walau sedikit," ucap Ketua ARKI Jeon Myeong-hyun.

"Saya berterima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Korea dan Asosiasi Restoran Korea di Indonesia atas perhatian dan pengertiannya terhadap dedikasi tenaga medis yang berada di garda terdepan penanganan COVID-19. Melalui kesempatan acara hari ini, kami akan melakukan upaya yang terbaik untuk merawat para pasien terpapar COVID-19," tutur Direktur Utama RS YARSI dr. Mulyadi Muchtiar.

285