Home Teknologi Misteri 2400 Tahun Terpecahkan tentang Negara Adidaya Pertama di Dunia

Misteri 2400 Tahun Terpecahkan tentang Negara Adidaya Pertama di Dunia

Roma, Gatra.com- Analisis genetik baru akhirnya mengungkapkan asal usul Etruria- warga misterius yang peradabannya berkembang pesat di Italia berabad-abad sebelum berdirinya Roma. Live Science, 28/09.

Etruria berkembang di Italia tengah antara SM abad ke-8 dan ke-3. Sebagian besar budaya dan bahkan sejarahnya dilenyapkan atau diasimilasi ke dalam budaya penakluknya, Roma. Namun demikian, makam Etruria masih hidup, isinya dan lukisan dindingnya , serta adopsi Romawi dari pakaian , praktik keagamaan, dan arsitektur Etruria tertentu, adalah bukti yang meyakinkan akan kemakmuran besar dan kontribusi signifikan terhadap budaya Mediterania yang dicapai oleh peradaban besar pertama Italia .

Ternyata orang Etruria yang penuh teka-teki adalah penduduk lokal di daerah itu, dengan genetika yang hampir identik dengan tetangga mereka yang berbahasa Latin.

Temuan ini bertentangan dengan teori sebelumnya bahwa orang Etruria - yang selama berabad-abad berbicara bahasa non-Indo-Eropa yang sekarang sudah punah yang sangat berbeda dari orang lain di kawasan itu - berasal dari suatu tempat yang berbeda dari tetangga mereka yang berbahasa Latin.

Sebaliknya, kedua kelompok itu tampaknya adalah migran dari stepa Pontic-Caspian — petak tanah yang panjang dan tipis yang membentang dari Laut Hitam utara di sekitar Ukraina hingga Laut Kaspia utara di Rusia. Setelah tiba di Italia selama zaman Perunggu, penutur awal Etruscan berakar, mengasimilasi penutur bahasa lain ke budaya mereka sendiri saat mereka berkembang menjadi peradaban besar.

Temuan "menantang asumsi sederhana bahwa gen sama dengan bahasa dan menunjukkan skenario yang lebih kompleks yang mungkin melibatkan asimilasi penutur Italia awal oleh komunitas bahasa Etruria," David Caramelli, seorang profesor antropologi di University of Florence, mengatakan dalam sebuah pernyataan .

Dengan kota-kota secanggih kota-kota Yunani kuno; jaringan perdagangan sama menguntungkannya dengan Fenisia; dan kekayaan besar untuk menyaingi Mesir kuno , peradaban Etruscan, negara adidaya pertama yang diketahui di Mediterania Barat, memiliki kecemerlangan yang hanya cocok dengan misteri seputar bahasa dan asal-usulnya. Naik ke puncak kekuasaannya di Italia tengah pada abad ke-7 SM, Etruria mendominasi wilayah itu selama berabad-abad sampai munculnya republik Romawi, yang menaklukkan Etruria sebelum pertengahan abad ke-3 SM, sepenuhnya mengasimilasi mereka pada 90 SM.

Para arkeolog telah lama mengetahui bahwa Etruria telah mewariskan kepada Republik Romawi ritual keagamaan, pengerjaan logam, pertempuran gladiator, dan inovasi dalam arsitektur dan teknik, yang mengubah Roma dari pemukiman yang dulunya kasar menjadi kota besar. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul geografis orang Etruria atau bahasa mereka yang membingungkan dan sebagian dipahami- membuat mereka menjadi bahan perdebatan sengit selama lebih dari 2.400 tahun.

Penulis Yunani kuno Herodotus (secara luas dianggap sebagai sejarawan pertama) percaya bahwa orang Etruria adalah keturunan Anatolia dan Aegean yang melarikan diri ke barat setelah kelaparan di tempat yang sekarang disebut Turki barat. Sejarawan Yunani lainnya, Dionysius dari Halicarnassus, membantah bahwa peradaban pra-Romawi, terlepas dari kebiasaan Yunani dan bahasa non-Indo-Eropa, adalah penduduk asli semenanjung Italia.

Sementara bukti arkeologi baru-baru ini, yang menunjukkan sedikit bukti migrasi, telah condong mendukung argumen Halicarnassus, "kurangnya DNA purba dari wilayah tersebut telah membuat penyelidikan genetik tidak konsisten," kata para peneliti studi dalam pernyataan itu. Untuk mengatasi ini, para ilmuwan mengumpulkan informasi genomik kuno dari sisa-sisa 82 individu yang hidup antara 2.800 dan 1.000 tahun yang lalu di 12 situs arkeologi di Italia tengah dan selatan.

Setelah membandingkan DNA dari 82 individu itu dengan orang-orang kuno dan modern lainnya, para ilmuwan menemukan bahwa meskipun ada perbedaan kuat dalam adat dan bahasa, Etruria dan tetangga Latin mereka memiliki profil genetik yang sama.

Faktanya, nenek moyang kedua kelompok menunjuk pada orang-orang yang pertama kali tiba di wilayah tersebut dari stepa Pontic-Caspian selama Zaman Perunggu. Setelah Etruria awal ini menetap di Italia utara dan timur, kumpulan gen mereka tetap relatif stabil - baik di Zaman Besi dan penyerapan peradaban Etruscan ke Republik Romawi. Kemudian setelah kebangkitan Kekaisaran Romawi, terjadi gelombang besar gen baru, kemungkinan sebagai akibat dari migrasi massal yang dilakukan kekaisaran.

"Pergeseran genetik ini dengan jelas menggambarkan peran Kekaisaran Romawi dalam perpindahan besar-besaran orang di saat mobilitas sosial ekonomi dan geografis yang meningkat atau menurun," Johannes Krause, direktur Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi di Jerman, mengatakan dalam pernyataan.

Sekarang perdebatan kuno akhirnya bisa diselesaikan, para ilmuwan berencana untuk melakukan studi genetik yang lebih luas menggunakan DNA kuno dari wilayah lain di Kekaisaran Romawi. Ini akan membantu mereka untuk tidak hanya menemukan rincian lebih lanjut tentang asal usul Etruria dan bahasa mereka yang aneh, yang sekarang sudah punah, tetapi juga untuk menemukan pergerakan orang-orang yang mengubah keturunan mereka menjadi warga negara adidaya global yang beragam secara genetik.

Para peneliti mempublikasikan temuan mereka pada 24 September di jurnal Science Advances .

74164