Home Kesehatan Perawat Perlu Memafaatkan Peluang Penggunaan Teknologi Agar Berdaya Saing

Perawat Perlu Memafaatkan Peluang Penggunaan Teknologi Agar Berdaya Saing

Jakarta, Gatra.com - Dosen Departemen Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Rr Tutik Sri Hariyati mengatakan penggunaan teknologi dalam dunia keperawatan sangat penting. Penggunaan telemedicine, artificial intelligence, robotics, dan lainnya sangat diperlukan dunia keperawatan saat ini.

"Telemedicine sendiri, teman-teman keperawatan kadang-kadang masih ragu. Karena katanya medicine," katanya dalam webinar Himpunan Perawat Informatika Indonesia (HPII) pada Ahad (21/11).

Padahal, lanjutnya, secara regulasi penggunaan telemedicine tidak hanya untuk medis. Tenaga kesehatan juga bisa melakukan telenursing. "Tentunya dengan mengikuti aturan dan sebagainya," jelas Tutik.

Bahkan, di dalam telemedicine sendiri, nyatanya tidak hanya digunakan untuk interaksi dengan pasien saja. Konsultasi antar tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, konsultasi riset, hingga Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) juga bisa dilakukan. "Jadi ini sangat luar biasa, peluangnya harus diambil oleh perawat," tegasnya.

Selanjutnya, tambah Tutik, para perawat yang telah membuat suatu program atau rumusan keperawatan bisa digabungkan melalui penggunaan teknologi. Sehingga, program atau rumusan yang dibuat akan bisa menjadi suatu hal yang cukup besar di dunia keperawatan."Artificial intelligence juga sangat diperlukan untuk suatu proses asuhan agar lebih berkualitas," ucapnya.

303