Home Hukum Peran Media Sangat Penting dan Berpengaruh Dalam Pemberitaan

Peran Media Sangat Penting dan Berpengaruh Dalam Pemberitaan

 

Kupang, Gatra.com, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H menegaskan peran media sangat penting dan berpengaruh dalam pemberitaan. Media memiliki peran yang cukup penting untuk publik saat ini.

“Sekarang di era yang sudah sangat canggih. Kalau kita tidak bisa menyesuaikan maka akan tergilas oleh jaman. Para jurnalis saat ini sudah mengikuti perkembangan jaman. Sudah banyak media online yang sangat aktif melakukan pemberitaan-pemberitaan ,” kata Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H, M.H pada kegiatan Gathering Wartawan Desk Polda NTT (26/1).

Kegiatan Gathering Wartawan Desk Polda NTT ini mengangkat tema “ Pemantapan Komunikasi Publik Melalui Optimalisasi Sinergisitas Bidang Humas Polda NTT “.

Tanpa di sadari jelas Irjen Pol Setyo, media dapat mempengaruhi keamanan, ketertiban, sosial dan sebagainya. Dengan kondisi seperti itulah, tentunya membutuhkan pengelolaan yang sangat positif artinya bahwa segala pemberitaan tidak hanya melalui satu sumber saja.

“Disaat kita menyampaikan suatu informasi, perlu dari sumber yang bisa mempertanggungjawabkan kebenarannya. Kita semua baik Polisi, tenaga medis maupun jurnalis juga sama memilki kode etik untuk bisa menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dengan baik ,”jelas Irjen Pol Setyo.

Lebih lanjut Irjen Pol Setyo menegaskan dengan adanya berbagai media sosial yang berkembang saat ini, ada masyarakat kelompok tertentu yang memanfaatkan menggunakan sarana ini untuk melakukan hal-hal yang negative. Seperti membully, pembunuhan karakter dan sebagainya.

“Di sinilah dibuutuhkan peran media untuk. Memberikan pengertian kepada masyarakat secara luas untuk tidak melakukan hal-hal seperti itu. Ini karena ada Undang-Undang yang mengatur kita untuk tidak melakukan perbuatan seperti itu. Meskipun ada upaya restorative justice namun masyarakat harus memahami adanya ancaman hukuman apabila melanggar UU ITE. Tindakan kami dari kepolisian yang paling utama adalah melakukan pencegahan,” jelas Irjen Pol Setyo.

Dia juga berharap pertemuan dengan jurnalis NTT ini bukan yang pertama dan terakhir. Tetapi menjadi hal yang rutin namun tempatnya yang berbeda sehingga bisa saling dekat dan tidak ada halangan dalam berkomunikasi.

“Saya mohon maaf apabila adanya penyampaian informasi dari saya selaku Kapolda NTT maupun dari Kabidhumas selaku pelaksana tugas dalam hal pemberitaan yang tidak bisa kami sampaikan secara mendetai. Tentu rekan-rekan sudah paham soal ini ada batasan-batasan informasi yang bisa disampaikan maupun yang tidak bisa ,” katanya.

Selain itu Irjen Pol Setyo yang belum genap sebulan bertugas di NTT juga berharap keberadaanya bisa diterima sebagai bagian dari keluarga besar masyarakat di NTT lebih khusus lagi para jurnalis NTT.

“Kehadiran saya di NTT sangat membutuhkan peran dari rekan-rekan media semua. Harapan saya dapat terjalin hubungan yang positif dari rekan-rekan semuanya. Masing-masing kita bisa memerankan tugas dan fungsinya. Saya sebagai pelaksana bidang kamtibmas tentu bertanggungjawab terhadap tugas tersebut, juga rekan-rekan sekalian sama memilki tanggungjawab dalam pemberitaan,” kata Irjen Pol Setyo. (

293