Home Internasional Menlu Rusia Bantah Putin Sakit

Menlu Rusia Bantah Putin Sakit

Moskow, Gatra.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Minggu membantah spekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin sakit. Ia mengatakan tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan penyakit yang diderita Putin.

Kesehatan dan kehidupan pribadi Putin adalah hal yang tabu di Rusia, dan hampir tidak pernah dibahas di depan umum.

"Saya tidak berpikir bahwa orang waras dapat melihat pada orang ini tanda-tanda semacam penyakit atau menderita suatu penyakit," kata Lavrov menjawab pertanyaan dari penyiar Prancis TF1, dikutip AFP, Senin (30/5).

Lavrov mengatakan bahwa Putin, yang akan berusia 70 tahun pada bulan Oktober, selalu memperlihatkan dirinya di depan umum setiap hari.

"Anda dapat melihatnya di layar, membaca dan mendengarkan pidatonya," kata Lavrov dalam komentar yang dirilis kementerian luar negeri Rusia.

"Saya menyerahkannya kepada hati nurani mereka yang menyebarkan desas-desus seperti itu," tambahnya.

Putin, yang telah berkuasa di Rusia selama lebih dari dua dekade, telah mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, sebagai gelombang kejutan ke seluruh dunia.

Serangan Moskow telah menewaskan ribuan orang, memicu krisis pengungsi terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II dan menyebabkan sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Moskow.

60