Home Teknologi Bumi Bongsor Mengorbit Bintang Minor di Zona Kehidupan

Bumi Bongsor Mengorbit Bintang Minor di Zona Kehidupan

Hawaii, Gatra.com- Para ilmuwan menemukan planet ekstrasurya 'Super Bumi' empat kali lebih besar dari planet kita yang mengorbit bintang berjarak 36,5 tahun cahaya. 'Bumi bongsor' itu bernama Ross 508b. Penelitian menunjukkan planet itu merupakan dunia berbatu daripada gas. Daily Mail, 3/6.

Ross 508b mengorbit bintang induknya katai merah redup di zona layak huni (kehidupan) setiap 10,75 hari. Itu jauh lebih cepat daripada orbit Bumi selama 365 hari, tetapi Ross 508b mengorbit bintang yang jauh lebih kecil dan lebih redup daripada matahari kita.

Meskipun berada di zona 'Goldilocks' - di mana tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin untuk keberadaan air cair - para ahli berpikir itu tidak mungkin sebagai layak huni untuk kehidupan seperti yang kita kenal.

Tetapi berdasarkan apa yang diketahui tentang batas massa planet, dunia yang baru diidentifikasi kemungkinan besar terestrial, atau berbatu, dengan cara yang sama seperti Bumi, bukan gas.

Ross 508b ditemukan oleh tim astronom internasional menggunakan Observatorium Astronomi Nasional Teleskop Subaru Jepang di Hawaii.

Ini telah dijelaskan dalam makalah yang dipimpin oleh astronom Hiroki Harakawa, dari Teleskop Subaru, dan merupakan planet ekstrasurya pertama kampanye tersebut.

Ross 508b mengorbit bintang kerdil M terdekat yang dikenal sebagai Ross 508, oleh karena itu mengapa ia diberi nama itu.

'Super Bumi' adalah planet yang lebih masif dari planet kita tetapi tidak melebihi massa Neptunus. Meskipun istilah ini hanya mengacu pada massa planet, istilah ini juga digunakan oleh para ahli untuk menggambarkan planet yang lebih besar dari Bumi tetapi lebih kecil dari yang disebut 'mini-Neptunus'.

'Kami menunjukkan bahwa kerdil M4.5 Ross 508 memiliki periodisitas RV yang signifikan pada 10,75 hari dengan kemungkinan alias pada 1,099 dan 0,913 hari,' kata para peneliti.

'Periode ini tidak memiliki pasangan dalam fotometri atau indikator aktivitas bintang, tetapi sangat cocok dengan orbit Keplerian karena planet baru, Ross 508b.'

Ross 508, dengan 18 persen massa matahari kita, adalah salah satu bintang terkecil dan paling redup dengan dunia yang mengorbit yang telah ditemukan menggunakan kecepatan radial.

Teknik utama untuk menemukan exoplanet adalah metode transit, yang digunakan oleh teleskop pemburu exoplanet NASA, TESS, serta Kepler sebelumnya.

Ini melibatkan instrumen yang menatap bintang-bintang dan mencari peredupan reguler cahayanya yang disebabkan oleh objek yang mengorbit antara Bumi dan bintang.

Para astronom kemudian menggunakan kedalaman transit untuk menghitung massa objek, dengan semakin besar kurva cahaya semakin besar planet.

Sebanyak 3.858 exoplanet telah dikonfirmasi dengan bantuan metode ini. Tetapi teknik lainnya adalah kecepatan radial, yang juga dikenal sebagai metode goyangan atau Doppler.

Ini dapat mendeteksi 'goyangan' di bintang yang disebabkan oleh tarikan gravitasi planet yang mengorbit.

Goyangan juga mempengaruhi cahaya yang datang dari bintang. Saat bergerak menuju Bumi, cahayanya tampak bergeser ke arah bagian biru dari spektrum dan, saat bergerak menjauh, cahaya tampak bergeser ke arah merah.

Penemuan baru menunjukkan bahwa survei kecepatan radial masa depan dalam panjang gelombang inframerah memiliki potensi untuk mengungkap sejumlah besar exoplanet yang mengorbit bintang redup.

'Penemuan kami menunjukkan bahwa pencarian RV inframerah-dekat dapat memainkan peran penting untuk menemukan planet bermassa rendah di sekitar katai M yang keren seperti Ross 508,' tulis para peneliti dalam makalah mereka.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Publications of the Astronomical Society of Japan, dan tersedia di arXiv .

474