Home Teknologi Teleskop Webb Mengintip Cahaya Fajar Alam Semesta Kita

Teleskop Webb Mengintip Cahaya Fajar Alam Semesta Kita

Washingthon DC, Gatra.com- Presiden Joe Biden meluncurkan gambar penuh warna pertama dari kosmos yang diambil James Webb Space Telescope, menawarkan apa yang dikatakan NASA sebagai "pandangan inframerah terdalam dan paling tajam dari alam semesta" yang pernah diambil. Al Jazeera, 11/07.

Selama upacara di Gedung Putih pada Senin malam, Biden mengatakan itu adalah "hari bersejarah" karena teleskop sains ruang angkasa terbesar dan paling kuat di dunia menawarkan "jendela baru ke dalam sejarah alam semesta kita".

Cahaya dari kedalaman 13 miliar tahun cahaya sama dengan kita melihat fajar semesta kita. "Hari ini kita akan melihat sekilas cahaya pertama yang bersinar melalui jendela itu," kata Biden sesaat sebelum rilis gambar, yang menunjukkan cahaya putih, kuning dan oranye terang yang menurut NASA mewakili "galaksi yang dulu tidak terlihat oleh kita. ”.

"Cahaya dari dunia lain, mengorbit bintang jauh melampaui kita sendiri," kata Biden. “Cahaya tertua yang didokumentasikan dalam sejarah alam semesta dari lebih dari 13 miliar – izinkan saya mengatakannya lagi – 13 miliar tahun yang lalu.”

"Kami akan memberi umat manusia pandangan baru tentang kosmos," Administrator NASA Bill Nelson mengatakan kepada wartawan bulan lalu dalam sebuah pengarahan. "Dan itu adalah pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya."

Observatorium Webb senilai US$9 miliar, dinamai sesuai nama orang yang menjalankan NASA selama program luar angkasa Apollo yang menempatkan manusia di bulan pada 1960-an, dirancang untuk mengintip melalui kosmos hingga fajar alam semesta yang diketahui, mengantarkan era penemuan revolusioner astronomi.

Ia membubung dari Guyana Prancis di pantai timur laut Amerika Selatan pada 25 Desember 2021, sebelum mencapai tujuan akhirnya 1,6 juta kilometer (satu juta mil) dari Bumi kurang dari sebulan kemudian. NASA berkolaborasi di Webb dengan badan antariksa Eropa dan Kanada.

Rilis yang sangat dinanti dari citra pertamanya mengikuti proses enam bulan membentangkan berbagai komponen Webb dari jarak jauh, menyelaraskan cermin dan instrumen kalibrasinya.

Dengan Webb sekarang disetel dengan baik dan sepenuhnya terfokus, para ilmuwan akan memulai daftar misi yang dipilih secara kompetitif untuk mengeksplorasi evolusi galaksi, siklus hidup bintang, atmosfer planet ekstrasurya yang jauh, dan bulan-bulan di tata surya luar kita.

Dibangun untuk melihat subjeknya terutama dalam spektrum inframerah, Webb sekitar 100 kali lebih sensitif daripada pendahulunya yang berusia 30 tahun, Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang beroperasi terutama pada panjang gelombang optik dan ultraviolet.

Hubble telah menatap sejauh 13,4 miliar tahun. Ia menemukan tanda gelombang cahaya dari galaksi yang sangat terang pada tahun 2016. Para astronom mengukur seberapa jauh mereka melihat ke belakang dalam tahun cahaya, dengan satu tahun cahaya adalah 9,5 triliun kilometer (5,9 triliun mil).

“Webb dapat melihat ke belakang tepat setelah Big Bang dengan mencari galaksi yang sangat jauh sehingga cahaya membutuhkan waktu miliaran tahun untuk sampai dari galaksi-galaksi itu ke teleskop kita,” kata Jonathan Gardner, wakil ilmuwan proyek Webb selama briefing baru-baru ini.

Permukaan pengumpul cahaya yang jauh lebih besar dari cermin utama Webb – susunan 18 segmen heksagonal dari logam berilium berlapis emas – memungkinkannya untuk mengamati objek pada jarak yang lebih jauh, sehingga lebih jauh ke masa lalu, daripada Hubble atau teleskop lainnya.

Di antara mereka ada dua awan besar gas dan debu yang diledakkan ke luar angkasa oleh ledakan bintang untuk membentuk inkubator untuk bintang baru – Nebula Carina dan Nebula Cincin Selatan, masing-masing berjarak ribuan tahun cahaya dari Bumi.

Koleksinya juga mencakup dua set gugus galaksi yang sangat berbeda. Salah satunya, Stephan's Quintet, pertama kali diidentifikasi pada tahun 1877 dan mencakup beberapa galaksi yang digambarkan oleh NASA sebagai "terkunci dalam tarian kosmik dari pertemuan jarak dekat yang berulang".

Yang lainnya adalah penemuan yang jauh lebih baru yang dijuluki SMACS 0723, menampilkan objek di latar depan yang begitu masif sehingga bertindak sebagai "lensa gravitasi", distorsi visual ruang yang sangat memperbesar cahaya yang datang dari belakang mereka untuk mengekspos objek yang lebih redup lebih jauh dan lebih jauh ke belakang dalam waktu.

Thomas Zurbuchen, kepala misi sains NASA, baru-baru ini mengatakan kepada wartawan bahwa dengan teleskop baru, kosmos "menyerahkan rahasia yang telah ada selama beberapa dekade, berabad-abad, ribuan tahun". “Itu bukan gambar. Ini adalah pandangan dunia baru yang akan Anda lihat,” katanya.

392