Home Kalimantan Respon Cepat Gubernur Sahbirin, Jalan Poros Anjir Pasar - Wanaraya Segera Diperbaiki

Respon Cepat Gubernur Sahbirin, Jalan Poros Anjir Pasar - Wanaraya Segera Diperbaiki

Marabahan, Gatra.com - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor merespon cepat keluhan warga terkait kondisi jalan poros Anjir Pasar - Wanaraya yang kondisi rusak parah. Keluhan warga disampaikan langsung Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat kepada Gubernur Sahbirin tidak lama setalah keluhan disampaikan warga kepadanya.

Permohonan Mujiyat pun direspon cepat oleh gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu. Dia memerintahkan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel Ahmad Solhan untuk turun langsung ke lapangan untuk menindaklanjutinya, Sabtu (8/4).

Turut mendampingi Solhan, Pj Bupati Batola, Kasatpol PP Batola Dahtiar Fajar, Camat Wanaraya Aris Saputera, Camat Anjir Pasar Muhammad Yusuf serta sejumlah Kepala Desa di Anjir Pasar dan Wanaraya. Kadis PU Kalsel Ahmad Solhan mengajak pula Kepala Seksi Jalan, Wahid Ramadhani beserta staf.

Disambut para Camat dan Kades, Mujiyat menunjukkan kondisi jalan Anjir Pasar-Wanaraya terkini kepada Kadis PUPR Kalsel. Titik lokasi peninjauan sendiri berada di Desa Gandaria Kecamatan Anjir Pasar.

Sepanjang pantauan rombongan dari arah Wanaraya, memang kondisi jalan sudah sangat hancur dengan beberapa bagian telah berubah menjadi kubangan lumpur.

Melihat kondisi ini, Ahmad Solhan menyampaikan pihaknya akan segera melakukan perbaikan. “Dalam bulan ini akan kita lakukan penanganan segera,“ janjinya.

Solhan mengatakan, untuk sementara akan dilakukan pengerasan agar setidaknya jalan bisa dilalui dahulu dengan nyaman oleh masyarakat. “Dari pantauan kita tadi ada sekitar satu kilometer yang rusak parah, ini dahulu yang kita perbaiki. Selanjutnya secara bertahap akan kita lakukan perbaikannya pada ruas lainnya,“ bebernya.

Pj Bupati Batola Mujiyat mengatakan, dengan direspon langsung keluhan masyarakat ke gubernur merupakan perhatian besar gubernur kepada masyarakat Batola. “Jalan inikan jalan provinsi, jadi saya berterimakasih betul dengan pak gubernur yang berikan perhatian kepada masyarakat Wanaraya,“ tuturnya.

Mujiyat mengatakan, meskipun jalan yang kondisinya rusak parah berada di Anjir Pasar, namun masyarakat Kecamatan Wanaraya tentunya sangat mengharapkan jalan Anjir Pasar – Wanaraya ini dapat diperbaiki mengingat menjadi akses utama menuju jalan Nasional Kalteng-Kalsel.

Sebelumnya pada Kamis 6 April 2023 Pj Bupati berserta jajaran melakukan turdes ke Kecamatan Wanaraya sekaligus memberikan bantuan sebesar masing-masing Rp45 juta bagi masjid di Kecamatan Belawang, Wanaraya dan Barambai.

Dalam turdes ini Pj Bupati melihat langsung kondisi jalan Anjir Pasar – Wanaraya dan mendengarkan langsung harapan warga. Bergerak cepat, Pj Bupati segera sampaikan pada Gubernur Sahbirin dan gayung bersambut langsung mendapat perhatian Paman Birin.

Terkait aturan kendaraan yang melintas, Mujiyat menyebut sedang menggodok aturan bersama Dishub agar kendaraan yang dapat melintas tidak melebihi tonase.

“Nanti jika sudah diperbaiki ada kebersamaan dari warga untuk menjaga jalan ini. Sebagai pengguna jalan, pengguna angkutan tentunya harus ikut memelihara jalan ini, karena merekalah yang sering melintasinya,“ harapnya.

Salah seorang pengguna jalan Jamhuri menyambut baik gerak cepat gubernur Sahbirin. Pedagang jeruk asal Kapuas ini mengaku sehari-hari melintasi jalan tersebut untuk membeli jeruk ke Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai.

“Sampai ke Kapuas bisa empat jam kalau kondisi jalan hancur kayak ini. Alhamdulillah jika sudah diperbaiki paling dua jam dari Sungai Kali ke Kapuas,” ungkapnya.

Kepala Desa Gandaria, Kecamatan Anjir Pasar Musyadi mengatakan sangat berterimakasih kepada Gubernur dan Pj Bupati. Dirinya mengakui jalan ini menjadi akses penting bagi masyarakat desanya maupun masyarakat Kecamatan Wanaraya. “Kalau jalan ini rusak, otomatis pembangunan di Wanaraya juga tentunya akan terhambat,“ ujarnya.

122