Home Ekonomi Cladtek Konsisten Tingkatkan TKDN dan Serap Tenaga Kerja Lokal

Cladtek Konsisten Tingkatkan TKDN dan Serap Tenaga Kerja Lokal

Batam, Gatra.com- PT Cladtek BI Metal Manufacturing konsisten memberikan perhatian penuh terhadap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan pemenuhan rantai pasokan dalam negeri. Produsen Pipa baja multinasional ini, adalah salah satu penyumbang devisa terbesar untuk lined pipe di Indonesia

Group CEO Cladtek Lee Wilson Group mengatakan, sudah puluhan produk pipa berhasil mencapai angka TKDN lebih dari 50 persen dan tergantung jenis dan ukuran. Salah satu inovasi terbaru karya anak bangsa adalah Rapid Pipe, Mechanically Lined Pipe (MLP) yang memiliki ulir dan konektor di ujung pipa.

"Inovasi ini membuat  instalasi akan lebih cepat, lebih cost efficient, dan juga dapat dipakai kembali konektornya. Produk ini juga akan memberikan cycle life yang jauh lebih tinggi dibandingkan MLP konvensional,” katanya di Batam, Kamis (22/6). 

Tidak hanya peningkatan TKDN, Lee menjelaskan, Cladtek juga memberikan multiplier effect terhadap investasi penanaman modal asing, sekaligus memberikan lapangan kerja untuk ribuan orang tenaga kerja lokal dengan klasifikasi.

SVP People & Culture Cladtek Group Iban S. Safwan menambahkan, selain transfer inovasi teknologi ke luar negeri, Cladtek juga  mengirimkan profesional untuk membantu penerapannya. Diantaranya,  pengembangan otomatisasi, desain produk, dan dukungan lainnya di Indonesia yang diterapkan secara global.

“Kami melatih pengelas di Indonesia untuk keahlian weld overlay,” papar Iban yang kini menempatkan sekitar 65 lulusan Indonesia di Arab Saudi untuk bekerja bersama dengan karyawan setempat.

Bagi Cladtek, inti dari program inovasi yang dijalankan adalah efisiensi yang berarti memberikan manfaat besar. Dengan menggunakan tenaga kerja lokal dan membeli bahan baku dari produsen lokal, akan mendukung industri dalam negeri dan menjaga uang tetap berputar di tanah air.

"Kami yakin bekal semangat dan optimisme yang dimiliki, ke depan Cladtek mampu melahirkan teknologi dan kualitas setara atau lebih baik dari produsen utama dalam sektor manufaktur MLP," tuturnya.

279