Home Internasional Rusia Hancurkan Seluruh Tank Leopard yang Dikirim ke Ukraina

Rusia Hancurkan Seluruh Tank Leopard yang Dikirim ke Ukraina

Moskow, Gatra.com - Pasukan Rusia menghancurkan 16 tank Leopard buatan Jerman atau sebenarnya 100 persen dari tank yang dipasok ke Kyiv oleh Polandia dan Portugal. 

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengklaim keberhasilan itu pada hari Senin (3/7).

“Di arah selatan Donetsk, Zaporizhzhia dan Donetsk saja di mana formasi bersenjata Ukraina melakukan serangan yang gagal, pengelompokan pasukan Rusia menghancurkan 15 pesawat, tiga helikopter dan 920 lapis baja, termasuk 16 tank Leopard. Ini sebenarnya 100 persen dari tank jenis ini yang dipasok oleh Polandia dan Portugal,” kata Shoigu seperti dikutip kantor berita TASS.

Baca Juga: Strategi Perang, Jerman Pertimbangkan Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina

Dia menambahkan bahwa angkatan bersenjata Rusia terus secara efektif melakukan penyerangan pada musuh dengan senjata, yang sangat mengurangi potensi ofensifnya.

Polandia mengatakan pada bulan Maret bahwa pihaknya mengirimkan tambahan 10 tank Leopard 2A4 buatan Jerman ke Ukraina, setelah empat tank dikirim sebelumnya pada bulan Februari. Juga di bulan Maret, Portugal mengatakan tiga tank Leopard 2A4 buatan Jerman dikirim ke Ukraina.

Baca Juga: Rusia Peringatkan Eskalasi saat Jerman Kirim Tank Leopard ke Ukraina

Pada bulan Juni, Ukraina meminta lebih banyak tank Leopard dari Jerman untuk membantu pasukan daratnya dalam pertempuran kontra-ofensif melawan pasukan Rusia, setelah Moskow mengatakan telah menghancurkan setidaknya selusin tank Kyiv.

Belakangan bulan itu, Denmark dan Belanda membeli 14 tank Leopard untuk Ukraina yang diharapkan akan dikirim pada Januari 2024.

107