Home Internasional Rusia Gelar Latihan Peluncur Rudal Nuklir Bergerak

Rusia Gelar Latihan Peluncur Rudal Nuklir Bergerak

Moskow, Gatra.com - Pasukan Rusia menggelar latihan melibatkan peluncur rudal nuklir bergerak Yars, yang kedua dalam waktu kurang dari sebulan. Media Rusia melaporkan dikutip Reuters, pada hari Selasa (23/7).

“Awak peluncur rudal di lembah sungai Volga, sekitar 700 kilometer (435 mil) di timur Moskow, akan bergerak sejauh 100 kilometer (62 mil) dan berlatih kamuflase dan penyebaran,” kantor berita Interfax melaporkan.

Latihan tersebut mengikuti latihan serupa pada awal Juli di setidaknya dua wilayah berbeda, dan berlangsung kurang dari dua bulan setelah Rusia mengadakan latihan penyebaran senjata nuklir taktis bersama sekutunya, Belarusia.

Surat kabar Rusia Kommersant melaporkan pada hari Selasa bahwa sistem yang dilengkapi dengan rudal dengan beberapa hulu ledak itu dapat mengenai sasaran pada jarak 11.000 km. Dilaporkan pula bahwa sistem itu dapat dipasang pada truk pengangkut atau ditempatkan di silo.

Sejak melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia telah melakukan sejumlah latihan militer sendiri atau dengan negara lain termasuk China atau Afrika Selatan.

Rusia juga meningkatkan latihan militer dengan Belarusia, yang berbatasan dengan Rusia dan Ukraina, dengan menggelar serangkaian latihan komprehensif.

140