Home Mikro Mendag Zulkifli: Digitalisasi untuk Perluas Pasar UMKM

Mendag Zulkifli: Digitalisasi untuk Perluas Pasar UMKM

Jakarta, Gatra.com- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengingatkan pentingnya digitalisasi dalam mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini agar mengembangkan pasarnya yang tidak hanya dikenal di Indonesia saja.

"UMKM harus digital, pasarnya enggak disitu tapi di dunia juga," kata Zulkifli dalam ajang Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/7).

Zulkifli juga mengingatkan akan pentingnya Bangga buatan Bangsa Indonesia, sebab kualitas produk bangsa
Indonesia diakui di dunia internasional. Termasuk juga anak mudah dengan kualitas yang mampu bersaing.

"Kita harus Bangga, Beli dan Pakai. Karena pernah saat saya beli baju olahraga, made in Indonesia. Produk luar rata-rata buat disini," papar Zulkifli.

Baca juga: Kredivo dan Katadata Insight Center Rilis Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2022

Sebelumnya, dalam ajang WhatsApp MSME Summit 2023, Zulkifli juga menyebut agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan usaha mereka. "Kolaborasi di ranah digital perlu terus diperkuat agarbisnis daring yang mapan dari pelaku UMKM dapat mendukung realisasi target Indonesia Maju tahun 2045," ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa merupakan selebrasi dan komitmen nyata dari anggota Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan Gernas BBI yang terdiri dari puluhan kementerian/lembaga negara, pemerintah daerah, serta pemangku kepentingan yang digagas tahun 2020 lalu.

Dengan target pengunjung harian sebanyak 50.000 orang, Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa dilakukan dengan konsep One stop Business, Shopping and Entertainment.

Festival Indonesia diikuti oleh lebih dari 170 pelaku usaha lokan dan dimeriahkan oleh Penampilan musik dari berbagai artis pilihan, Turnamen Games, Panggung Budaya, Games, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Dukung UMKM Go Digital, Kementerian BUMN Gandeng Tokopedia Luncurkan Rumah BUMN

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga menyebut bahwa festival ini untuk memperkenalkan produk-produk lokal agar bisa dikenal lebih luas di masyarakat pada umumnya. Ini merupakan bentuk aksi nyata Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020.

Hingga Maret 2023, pelaksanaan program ini telah mendorong 21,4 juta pelaku UMKM, IKM dan artisan onboard masuk ke ekosistem digital. "Saat ini, kita memasuki era endemi di mana masyarakat ingin melihat produknya tidak hanya di online tapi juga di offline," pungkas Bima. 

111