Home Sumbagsel Pawai Obor Semarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di Palembang

Pawai Obor Semarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di Palembang

Palembang, Gatra.com – Sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, ratusan santri dan warga ikuti pawai obor, Selasa malam (18/7/2023), di Masjid Darul Falah, Jalan Karantina, Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarame, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Malam menyambut tahun baru Islam yang jatuh pada, Rabu, 19 Juni 2023, sebanyak kurang lebih 600 peserta dari santri Pondok Pesantren Aulia Cendikia dan Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin bersama warga dari RT 12, 13, 14, 15, dan 25 baik para remaja, anak-anak, dan orang tua turut dalam pawai obor yang melintasi permukiman warga sejauh lebih kurang tiga kilo meter.

Masyarakatpun antusias melihat semaraknya pawai obor yang mengitari permukiman di Kelurahan Talang Jambe itu, bahkan pengemudi kendaraan yang melintas dengan senangnya berhenti dan mengabadikan momen itu memakai kamera hanphonnya.

Setelah pawai obor, para peserta mendengarkan tausiyah bersama di Masjid Darul Falah bersama warga dan santri berlangsung dengan khusuk.

Ketua Masjid Darul Falah, Mustaqim Masni'an, mengatakan bahwa tradisi yang pawai obor ini telah berlangsung lama dan ini sebagai bentuk cara menyambut datangnya tahun baru Islam 1445 Hijriah.

"Kita juga mengingatkan kepada anak-anak bahwa sebagai umat Islam sudah sepatutnya menyambut Tahun Baru Islam," kata Mustaqim di usai Pawai Obor.

Mustaqim berharap, di tahun baru ini umat Islam dapat lebih baik ke depannya akan tetap menjalankan kewajibannya.

"Semoga kita semua diberkahi dan terus bersalawat," harapnya.

Adi, salah satu pengendara sepeda motor yang melintas, sangat senang dengan momen pawai obor ini, karna sudah jarang sekali tradisi seperti ini berlangsung di kota-kota besar.

"Saya sangat senang dan bersyukur adanya pawai obor ini, yang mengingatkan saya akan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah," ungkap Adi.

137