Home Nasional Apkasi Rancang Forum Perdagangan Antardaerah Libatkan Asosiasi Pengusaha

Apkasi Rancang Forum Perdagangan Antardaerah Libatkan Asosiasi Pengusaha

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan akan merancang forum perdagangan yang melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha untuk pemenuhan suplai dan demand di daerah.

Ia menyebut tujuan tersebut untuk menekan impor kebutuhan pokok dan mendukung program pemerintah agar menstabilkan harga bahan pokok.

"Ketika pasokan kurang, harga akan naik. Maka, dengan adanya perdagangan antar daerah kami meyakini pemenuhan kebutuhan di daerah akan terpenuhi," imbuhnya melalui rilis pada Jumat (21/7).

Selain itu, Sutan Riska melanjutkan akan ada penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK. Hal ini sebagai upaya dari pemerintah daerah (pemda) untuk mencari sumber pendapatan lainnya yang akan berguna untuk pembangunan, melalui perdagangan dan investasi.

"Apkasi memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian anggotanya," ucapnya.

Sebelumnya, Apkasi mengadakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bersamaan dengan pameran Apkasi Otonomi Expo 2023 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin di ICE BSD, Tangerang, Kamis (20/7).

Serta dihadiri pula oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua KPK beserta perwakilan dari bupati-bupati Indonesia yang turut serta mendukung kegiatan Apkasi.

24