Home Olahraga Sebanyak 11 Pebulu Tangkis Masuk Skuad PB Djarum

Sebanyak 11 Pebulu Tangkis Masuk Skuad PB Djarum

Jakarta, Gatra.com – Sebanyak 11 atlet berhasil berhasil masuk menjadi skuad klub PB Djarum setelah berhasil menjadi yang terbaik dalam proses rangkaian Audisi Umum PB Djarum 2023 yang cukup panjang, mulai dari screening, turnamen hingga karantina.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum 2023, Sigit Budiarto, dalam keterangan pers, Sabtu (5/8), menyampaikan, kesebelas pebulu tangkis tersebut meraih Djarum Beasiswa Bulu Tangkis.

Mereka terpilih dari hasil pengamatan Tim Pencari Bakat dan pelatih PB Djarum yang dilakukan secara komperhensif selama tahap karantina. Hal ini tak lepas dari upaya PB Djarum dalam mencari bibit pebulu tangkis berkualitas super yang akan diasah oleh klub yang bermarkas di Kudus tersebut demi meningkatkan kejayaan bulu tangkis Indonesia.

Adapun ke-11 atlet tersebut terbagi atas empat kategori, yakni U-11 Putra, empat atlet U-11 Putri, dua atlet U-13 Putra, satu atlet U-13 Putri. Mereka terpilih dari 1.529 peserta Audisi Umum dari berbagai penjuru Tanah Air.

“Para atlet yang bergabung dengan PB Djarum ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yakni Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua,” ujar Sigit.

Para peraih Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2023, untuk U-11 Putra, yakni Gavriel Aldrich Alharon Labatar dari Kabupaten Asmat, Papua; ?Ghathfaan Rizqie Ramadhan Haryanto dari Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng); Naufal Rasyid Adz Dzaki dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah; dan Daniel Pradipta Zaen dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sedangkan U-11 Putri, diraih oleh Glory Patricia Djawa Bele dari Kota Denpasar, Bali; Aqila Talita Shaki dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah; Nafla Berly Syakira Alhabsy dari Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur; dan ?Hafizah Hasanah Zahra dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun untuk U-13 Putra, yakni Adhy Hasmoro dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah; dan Muhammad Ridho Nuris dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan untuk U-13 Putri, diraih Aisyah Anindya Rubiyanto dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

“Kami ucapkan selamat kepada para atlet yang telah resmi bergabung dengan PB Djarum,” katanya.

Sigit lebih lanjut menyampaikan, mereka adalah yang terpilih dari hasil kurasi Tim Pencari Bakat serta pelatih PB Djarum sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan serta melewati aspek penilaian, yakni fisik, kesehatan, dan teknik.

“Kami berharap para atlet ini dapat mengikuti program pelatihan yang diberikan PB Djarum dengan tekun dan bersungguh-sungguh,” katanya.

Sedangkan bagi yang belum berhasil terpilih, lanjut Sigit, bukan berarti mereka kualitasnya kurang baik. Jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk bergabung dengan PB Djarum melalui Audisi Umum maupun jalur lainnya.

Gavriel merasa bersyukur impiannya untuk bergabung dengan klub favoritnya bisa terwujud. Setelah pada Audisi Umum tahun lalu gagal menjadi atlet binaan PB Djarum lantaran tereliminasi di tahap karantina.

Ia sangat antusias untuk menjalani berbagai program pelatihan dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan demi menjadi atlet yang memiliki segudang prestasi, baik di tingkat nasional dan internasional.

“Kesempatan ini untuk bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan mengasah kemampuan supaya bisa jadi atlet hebat,” ata Gava, demikian dia karib disapa.

Aisyah menyampaikan senada. Satu-satunya peserta yang lolos dari kelompok usia U-13 Putri ini menyampaikan, akan belajar keras mengasah kemampuan hingga dapat menjadi juara dunia.

“Rasanya senang banget bisa masuk jadi atlet PB Djarum, apalagi pas jalanin karantina empat minggu [pekan] kemarin lumayan berat. Semoga saya bisa mengikuti jejak Mutiara yang baru saja juara AJC 2023,” katanya.

Orangtua Aisyah, Indra Astuti, turut berbahagia perjuangan anaknya selama mengikuti rangkaian Audisi Umum 2023 terbayarkan dengan berhasil bergabung dengan PB Djarum.

“Sebagai ibu, saya senang karena anak-anak bisa mewujudkan cita-citanya sebagai pebulu tangkis. Semoga dengan masuk PB Djarum, bakat anak saya bisa semakin terasah dan impiannya menjadi pebulutangkis top benar-benar terwujud,” ujarnya.

?Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, berharap, para atlet yang kini menjadi keluarga besar PB Djarum tersebut dapat berlatih dan menempa kemampuan secara optimal sehingga kelak bisa menjadi juara di level dunia.

“Audisi Umum sudah terbukti melahirkan pebulu tangkis berbakat dan diharapkan akan mengharumkan nama bangsa,” ujarnya.

Para atlet yang baru bergabung dengan PB Djarum diharapkan bisa meraih prestasi yang diukir para atlet PB Djarum, yakni Kevin Sanjaya yang saat ini sudah menjadi pemain elite dunia.

PB Djarum mengharapkan para lulusan Audisi Umum tahun ini bisa berprestasi lebih tinggi lagi. Pihaknya akan membina dan memberi kesempatan untuk berlaga di turnamen regional, nasional hingga internasional.

“Saya ucapkan selamat bergabung dan asah kemampuan kalian hingga bisa menjadi pemain top dunia,” ujar Yoppy optimistis.

38