Home Pendidikan Monash University Luncurkan Beasiswa Indonesia Inspire Doctoral Scholarship Program

Monash University Luncurkan Beasiswa Indonesia Inspire Doctoral Scholarship Program

Tangerang Selatan, Gatra.com - Monash University Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran Indonesia Inspire Doctoral Scholarship Program (IIDSP), yang menawarkan kesempatan luar biasa bagi calon mahasiswa S3 untuk memulai studi Doktor mereka di salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka dunia asal Australia di Indonesia.

Program tersebut mengundang para individu berbakat dari berbagai disiplin ilmu untuk mengajukan pendaftaran pada putaran beasiswa tahun ajaran September 2023. Adapun tujuan utama IIDSP adalah untuk menangkap aspirasi penelitian calon mahasiswa S3, seraya memberikan bantuan dana melalui beasiswa yang bernilai cukup fantastis.

Beasiswa tersebut sangat kompetitif dan diberikan kepada pelamar yang telah menunjukkan rekam jejak penelitian dan/atau akademik yang unggul. Program Doktor di Monash University Indonesia menawarkan berbagai bidang penelitian, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa S3 untuk mengeksplorasi minat dan kontribusi mereka pada kemajuan pengetahuan di bidangnya masing-masing.

Area proyek yang tersedia untuk putaran beasiswa meliputi Ilmu Data (Data Science), Inovasi Bisnis, Kesehatan Masyarakat, Desain Urban (Urban Design), Keamanan Siber, serta Manajemen dan Kebijakan Publik.

Sementara itu, para profesor dari berbagai disiplin ilmu di Monash University Indonesia telah mengajukan berbagai usulan proyek studi mereka, sehingga memperbesar peluang penelitian bagi calon mahasiswa S3. Sebagai contoh di bidang Ilmu Data, Dr. Taufiq Asyhari mengusulkan penelitian bertajuk "Explainable AI for Mission-Critical Applications via Collaborative Human-Machine Time-Sensitive Generated Feedback".

Sementara, Dr. Derry Wijaya fokus mempersiapkan penelitian bertajuk "Extending Large Language Models (LLMs) capability for regional and low-resource languages". Yessy Arnold Perangin Angin, seorang pakar Inovasi Bisnis, mengajukan penelitian dengan judul "The Implementation of Environmental, Social and Governance (ESG) Principles and its Impact".

Wakil Presiden Bidang Penelitian Monash University Indonesia, Profesor Alex Lechner menyatakan, program beasiswa IIDSP merupakan bukti komitmen Monash University untuk mendorong keunggulan penelitian dan inovasi akademik. “Kami percaya bahwa dengan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan para peneliti berbakat, akan lebih menjawab aspirasi mereka untuk menciptakan dampak berkelanjutan di bidang studi mereka masing-masing,” ujar Profesor Alex Lechner.

Calon mahasiswa S3 yang berminat mendaftar IIDSP dapat mengunjungi situs resmi Program Doktor Monash University, Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut tentang program beasiswa terkait dan proses pendaftarannya. Melalui situs yang sama, kandidat penerima beasiswa IIDSP juga dapat mengakses informasi lengkap tentang proyek-proyek studi yang diusulkan, beserta kriteria kelayakannya.

Resmi beroperasi pada Oktober 2021, Monash University Indonesia adalah perwujudan komitmen dari Monash University dan pemerintah Indonesia untuk menciptakan pengetahuan yang dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia.

Monash University Indonesia menawarkan program kuliah bergelar Master dengan jurusan Business Innovation, Data Science, Public Health, Public Policy and Management, Urban Design dan PhD, bersamaan dengan berbagai program eksekutif dan mikro-kredensial yang ditujukan untuk sektor tertentu.

Monash University Indonesia memiliki fasilitas pembelajaran sesuai standar Monash University Australia dan saat ini sudah membuka aplikasi penerimaan mahasiswa baru, serta beasiswa untuk pembelajaran di bulan Oktober 2023 yang saat ini sudah dibuka untuk pendaftarannya.

226