Home Ekonomi WIES 2023 Dibuka, Sumbar Bidik Jadi Destinasi Wisata Halal Dunia

WIES 2023 Dibuka, Sumbar Bidik Jadi Destinasi Wisata Halal Dunia

Padang, Gatra.com - World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023, disebut-sebut sebagai momentum bangkitnya daerah Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu tujuan destinasi halal dunia.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan WIES 2023 merupakan forum atau wadah berkumpulnya pengusaha-pengusaha muslim di dunia. Bukan hanya nasional, namun ajang ini dihadiri pengusaha berskala internasional.

"Hadirnya beberapa negara di WIES ini, sebagai ajang kita saling berbagi pengalaman untuk pengembangan destinasi wisata halal di Sumbar," kata Mahyeldi selepas membuka WIES 2023 secara resmi di Kota Padang, Kamis (7/9).

Menurutnya, WIES 2023 ini juga menjadi momentum penting memperkuat kolaborasi, baik pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat. Terlebih, kegiatan ini juga menghadirkan pembicara hebat dan peserta dari berbagai negara.

Baginya, Sumbar perlu merangkul berbagai pihak untuk memajukan destinasi wisata. Terutama komitmen jangka panjang dalam mengembangkan pariwisata halal dan Moslem Friendly Tourism di dunia.

Menurut eks Wali Kota Padang itu, Sumbar memiliki potensi yang bisa dijadikan destinasi wisata halal di dunia. Bukan hanya sektor keindahan alamnya, tapi Sumbar juga memiliki beragam tradisi, budaya tradisional, adat-istiadat, sejarah, hingga kuliner.

"Kami juga telah menyusun berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas atau daya tarik pariwisata halal di Sumatra Barat," ujarnya.

Selain itu, kegiatan WIES yang berlangsung 6-9 September 2023 ini juga ikut mengembangkan ekonomi kreatif serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tentu dengan banyaknya delegasi yang datang, bakal terjadi perputaran uang yang bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Pernyataan itu diperkuat Ketua Badan Promosi dan Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar, Sari Lenggogeni bahwa WIES 2023 ini merupakan peluang besar bagi pengusaha muslim, termasuk UMKM di Sumbar agar bisa menembus pasar internasional.

"Karena kita ini punya potensi, di WIES ini kita melihat peluang. Jadi tidak menutup kemungkinan pelaku UMKM Sumbar, produknya bisa go internasional, bersaing di pasar yang lebih luas," ucapnya.

Diketahui, 17 negara hadir pada kegiatan WIES 2023 ini, baik dari negara Asia, Timur Tengah, hingga Eropa. Terdiri dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, India, Filipina, Thailand, Singapura, Jepang, Chili, Timor Leste, Kuwait, Kazakhstan, Maroko, Uni Emirad Arab, Turki, Uzbekistan, dan Spanyol.

117