Home Ekonomi Kata Sandi Optimistis Target 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru Bisa Tercapai

Kata Sandi Optimistis Target 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru Bisa Tercapai

Jakarta, Gatra.com – Ketua Umum (Ketum) Komunitas Teman Sandi (Kata Sandi), Indra Sakti Akbar, mengatakan, pihaknya mendukung upaya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menciptkanan target 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.

“Kita di sini optimistis bisa menjadi bagian dari program Pak Sandiaga untuk menciptakan peluang usaha dan mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024. Insyaallah kita ikhtiarkan,” katanya dalam keterangan pada Selasa (19/9).

Adapun ikhtiar atau upaya untuk mewujudkan program 4,4 juta lapangan pekerjaan baru tersebut, lanjut Indra, pihaknya melakukan berbagai kegiatan, teranyar Digitalpreneur Training dengan tema "Skill Bertambah, Kerja Mudah, Rezeki Berkah" di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pelatihan tersebut untuk memberikan bekal kepada ratusan anak muda di sana untuk menjadi enterpreneur muda. Para anak muda yang terdiri dari mahasiswa, konten kreator lokal, hingga wirausahawan diberikan pelatihan softskill seperti fotografi, videografi, hingga konten digital.

Indra menjelaskan, program Digitalpreneur Training ini merupakan langkah kongkret untuk pengembangan diri anak-anak muda daerah. Ini juga sebagai motivasi mereka untuk membidik peluang usaha ke depannya.

“Kita coba dorong dengan yang paling dekat dengan mereka, seperti gawai dan sosial media, bahwa dengan punya skill dan kita asah mereka program ini, teman-teman ini sudah bisa membuka peluang usaha,” katanya.

Menurutnya, para anak muda di Bone antusias mengikuti digitalpreneur training. Ia optimistis anak muda di Bone bisa menjadi bagian dari penggerak ekonomi Indonesia.

Salah satu peserta digitalpreneur training, Sukma Naisila, mengatakan, program ini sangat inspiratif. Mahasiswa di salah satu kampus ini mengungkapkan, saat ini baru memulai usaha bisnis parfum.

Menurutnya, pelatihan dari Kata Sandi ini sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan dalam promosi dan marketing. Pasalnya, ia belum tahu cara-cara atau teknik promosi dan marketing.

“Di sini kita diajari dari fotografi, videografi sampai konten digital. Saya berharap dari kegiatan ini anak-anak muda di Bone bisa lebih kreatif mencari peluang usaha,” kata Sukma.

Ia mengaku semakin termotivasi dengan cerita tentang sosok Sandiaga Salahuddin Uno yang merupakan seorang pebisnis sukses. Ia berharap semakin banyak anak muda yang terdorong berani memulai usaha dengan meniru sosok Sandiaga Uno.

"Terima kasih untuk Pak Sandiaga Uno yang telah menjadi motivasi buat saya dan juga Kata Sandi karena sudah memberikan banyak manfaat bagi kami kaum muda supaya lebih kreatif dan inovatif lagi,” ujarnya.

28