Home Keuangan Bank Muamalat Gandeng Unpad Perkuat Literasi dan Inklusi Keuangan

Bank Muamalat Gandeng Unpad Perkuat Literasi dan Inklusi Keuangan

Jakarta, Gatra.com- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama strategis  dengan  Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam lingkup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pemanfaatan produk perbankan. Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan mengatakan,   pihaknya bangga dapat bersinergi dengan   Unpad yang merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia.  

Kerja sama ini adalah wujud komitmen perseroan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat melalui dukungan perguruan tinggi. “Bank Muamalat telah lama menjadi mitra Unpad. Oleh karena itu,  kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi   keuangan, khususnya   yang   terkait   dengan keuangan syariah," jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/10).

Baca juga: Segmen Milenial jadi Pasar Sektor Properti

Selain itu, lanjut dia, Muamalat juga memiliki beragam produk dan layanan yang dapat mengakomodir kebutuhan di ruang  lingkup akademis. "Beragam produk dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika Unpad baik pengajar, staf, mahasiswa, hingga alumni,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama ini,   Bank Muamalat akan mendukung pengembangan layanan perbankan untuk sistem keuangan di Unpad secara menyeluruh. Di samping itu, mahasiswa tingkat akhir Unpad juga   dapat   mengikuti   program   magang   di   Bank   Muamalat   melalui program MIKO (Muamalat Indonesia Kompeten).

Kedua instansi juga akan berkolaborasi dalam program Minterin, yaitu berupa   seminar yang diberikan oleh praktisi   perbankan kepada mahasiswa, Gerakan Bersih Masjid di lingkungan kampus Unpad dan kerja sama UPZ (Unit Pengumpul Zakat).

Baca juga: Dyandra Diskon 50% Harga Tiket Nonton MotoGP Mandalika 2023

Rektor   Universitas   Padjadjaran   Prof.   Rina Indiastuti mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman   ini   akan   dikembangkan   menjadi kegiatan kolaborasi untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kegiatan ang   dapat dikolaborasikan ke depannya   antara lain pengumpulan dana wakaf untuk pembangunan RSPTN atau Rumah Sakit Khusus Kanker Unpad, pengelolaan   dana pensiun, dan penyalur gaji pegawai.

“Kami mengapresiasi sejumlah dukungan dari Bank Muamalat kepada Unpad selama ini, di antaranya adalah bantuan   terkait pendidikan dan riset. Semoga kerja sama ini dapat menjadi pembuka untuk sinergi yang lebih luas lagi kedepannya,” pungkasnya.

21