Home Apa Siapa Klarifikasi Ade Armando Soal Video Mendiskreditkan BIN: Itu Hoaks

Klarifikasi Ade Armando Soal Video Mendiskreditkan BIN: Itu Hoaks

Jakarta, Gatra.com - Potongan-potongan video 2 menit yang diambil dari channel Youtube Ade Armando dengan tajuk "BENARKAH MEGAWATI NGAMUK KARENA KAESANG GABUNG PSI? | Logika Ade Armando" meramaikan jagad dunia X (Twitter).

Isinya kurang lebih menggarisbawahi tentang pertanyaan Ade yang mengatakan bahwa terjadi huru hara di pihak PDIP di mana Megawati dikatakan marah besar terkait bergabungnya Kaesang ke PSI hingga sangkut paut BIN yang saat ini dipimpin oleh Budi Gunawan.

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Margono Pastikan Pasukannya Netral Jelang Pemilu 2024

Tak hanya itu, pada video terkait juga disebutkan beberapa nama antara lain Hasto Kristiyanto (Sekjen PDIP) hingga Ganjar Pranowo yang jadi korban sasaran Ketua Umum PDIP tersebut.

Tak selesai sampai situ, dalam video juga disebut bahwa pencalonan Presiden Ganjar didanai oleh Badan Intelijen Negara atau BIN.

Potongan video yang awal munculnya di platform Tiktok ini pun ramai. Tak pelak beberapa komentar langsung diarahkan kepada sang pembuat konten asli yaitu Ade Armando.

Perlu diketahui, bahwa video tersebut merupakan potongan dari versi lengkap yang ada di Youtube. Ade Armando membuat video tersebut untuk menanggapi konten yang dibuat oleh akun X bernama Opposite6890, yang menarasikan beberapa poin yang sebelumnya disebutkan, yakni terkait Megawati yang marah-marah karena Kaesang hingga keterlibatan BIN.

Hanya saja dalam video Opposite6890 semua nama diganti dengan julukan samaran, termasuk nama organisasi dan juga lokasi.

Lantaran begitu banyak komentar yang menyerang pribadinya, akhirnya Ade Armando pun membuat video singkat yang berisi klarifikasi pada platform X. Ia mengatakan bahwa potongan video tersebut seolah ia menyudutkan PDIP dan BIN dan pengajar di Universitas Indonesia itu pun mengatakan bahwa perbuatan tersebut adalah hal yang jahat.

“Saat ini beredar fitnah bahwa saya membuat video dengan judul ‘BIN disalahgunakan Megawati’. Video ini beredar di Tiktok dengan hashtag #GantiBudiGunawan, #ReformasiBIN, " ujar Ade.

Dia mengaku tidak tahu siapa pembuatnya, tapi jelas video itu ingin membangun kesan bahwa dia dengan sengaja menyudutkan PDIP dan BIN. "Ini jahat, " imbuh Ade dalam video klarifikasinya.

Baca Juga: Jelang Pemilu, BNPT Ingatkan Jangan Terlalu Fanatik pada Partai Politik

Dalam lanjutan video klarifikasinya Ade mengatakan bahwa dalam video asli ia justru ingin mengajak penonton untuk bersikap kritis terhadap video Opposite6890 yang menjadi awal dari rentetan peristiwa ini terjadi.

Ade juga mengatakan bahwa video terkait merupakan sebuah kampanye hitam yang seharusnya tidak lagi digunakan, di samping Ade sendiri juga merujuk kepada pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, yang membantah isi video Opposite6890 tersebut.

Sejak dirilis tanggal 4 Oktober 2023 video klarifikasi Ade Armando sudah diputar 18 ribu kali dengan repost sebanyak 62 kali.

781