Home Politik SK PSI ke Pilgub NTT Final: Jane Diusung Jadi Calon Gubernur NTT

SK PSI ke Pilgub NTT Final: Jane Diusung Jadi Calon Gubernur NTT

Kupang, Gatra.Com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menetapkan Jane Natalia Suryanto sebagai Calon Wakil Gubernur untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Timur (NTT) 2024.

Penetapan ini tertuang lewat Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani dan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Jakarta, Senin, 29 Juli 2024.

Surat Keputusan ini didasarkan atas keputusan dalam rapat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI tertanggal 23 Juli 2024.

Poin penting dalam SK DPP PSI yakni memberikan persetujuan untuk mengusung Calon Wakil Gubernur NTT, Jane Natalia Suryanto.

Mengintruksikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI NTT agar segera melakukan koordinasi aktif dengan bakal calon dan tim pemenangnya.

Menginstruksikan kepada DPW, DPD dan DPC PSI se-NTT untuk mendukung Jane Natalia Suryanto sebagai Calon Wakil Gubernur NTT.

Jane Natalia Suryanto yang dihubungi via Whatsapp menyampaikan terima kasih kepada PSI yang sudah memberikan kepercayaan satu-satunya kepada dirinya untuk maju bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur NTT.

"SK ini adalah bentuk kepercayaan PSI kepada kadernya dan menjadi bagian dari tahapan menuju Pilkada," kata Jane Natalia Suryanto( 29/7).

Sebelumnya, Jane Natalia Suryanto telah menerima surat tugas dari DPP untuk melakukan sosialisasi dan kerja politik untuk memenangkan elektoral menuju Pilgub NTT.

Hasilnya, dari dua kali survey yang dilakukan oleh IndekStat periode 1-10 Juli 2024 dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) periode 12-19 Juli 2024, elektabilitas Jane Natalia Suryanto sebagai Calon Wakil Gubernur NTT terus di peringkat teratas.

Jane Natalia Suryanto memperoleh angka elektabilitas sebesar 18.1 persen. Angka ini lebih tinggi dari perolehan calon Wakil Gubernur lainnya seperti, Adrianus Garu (13,3 persen), Anita Mahenu (9,6 persen), Gabriel Beri Binna (7,6 persen), Sebastian Salang (7,6 persen) dan Refafi Gah 4,9 persen.

Hasil survei ini menegaskan posisi Jane Natalia Suryanto sebagai pilihan utama di antara calon wakil gubernur lainnya yang santer beredar di masyarakat.

Seperti Johni Asadoma yang hanya mengumpulkan dukungan 2,6%, Gabriel Beri Bina 1,9% dan Anita Mahenu 1,2%.

Dari simulasi pasangan dua lembaga survey yakni IndekStat dan SMRC, menempatkan pasangan Melki Laka Lena - Jane Natalia Suryanto sebagai pemenang di Pilgub NTT.

Dari tiga simulasi SMRC, Calon Gubernur Emanuel Melkiades Laka Lena (Melki Laka Lena) yang dipasangkan dengan Calon Wakil Gubernur Jane Natalia Suryanto, akan menang dengan dukungan yang besar yakni mencapai 36,6%.

 

 

( Antonius Un Taolin )

Keterangan Foto : Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyerahkan SK untuk Calon Wakil Gubernur NTT, Jane Natalia Suryanto ( Gatra/Istimewa ).

 

 

 

 

262