Home Politik Temui Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto, Ganjar Sampaikan Komitmen Jaga Kebangsaan

Temui Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto, Ganjar Sampaikan Komitmen Jaga Kebangsaan

Jakarta, Gatra.com – Ganjar Pranowo menyatakan komitmen dan tekadnya untuk menjaga kebangsaan ketika berbincang dengan Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm di Keuskupan Malang, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP tersebut dalam keterangan pers pada Sabtu (14/10), menemui Uskup Malang Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm didampingi Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Ketua DPC PDIP Kota Malang I Made Riandiana Kartika, dan beberapa pengurus PDIP Kota Malang.

Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm bersama beberapa pengurus Keuskupan Malang menyambut kehadiran Ganjar dan rombongan. Mereka kemudian mengajaknya ke ruangan untuk berbincang-bincang.

Selepas itu, Uskup Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm mengajak Ganjar dan rombongan untuk santap pagi. Menu makanan yang disajikan oleh pihak Keuskupan Malang, yakni rawon, pecel hingga nasi goreng. Ganjar memilih menu nasi goreng untuk disantap.

Setelahnya, Ganjar diajak oleh untuk berkeliling melihat-lihat Gereja yang ada di lingkungan keuskupan Malang. Ganjar menyampaikan, banyak hal yang diperbincangkan dengan Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan dan jajarannya. Salah satunya mengenai nilai-nilai kebangsaan yang harus tetap dijaga menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

“Kita bicara tentang nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai kemanusiaan. Apalagi menjelang Pemilu suka ada cerita-cerita yang tidak mengenakan, maka kita mesti menjaga bersama-sama,” katanya.

Perbincangan lainnya, lanjut dia, yakni mengenai Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang selama mempunyai peran penting di dalam menjaga situasi untuk tetap kondusif. Keduanya mengajak semua pihak selalu menjaga situasi yang sudah tercipta, tanpa harus menyinggung perasaan antara satu dengan lainnya.

“Kita yuk jaga perasaan, jangan menyakiti orang karena soal agamanya, sukunya, golongannya agar kita bisa merasakan sebagai sesama anak bangsa yang merdeka itu pesan pesan menurut saya, diskusinya menarik,” ujarnya.

Sementara itu, Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan menyambut baik kunjungan persaudaraan yang dilakukan oleh Ganjar. Ia menyampaikan, dalam pertemuan singkat itu menbahas mengenai pentingnya menjaga persaudaraan antarumat beragama.

“Ya ini hanya kunjungan persaudaraan saja kami hanya menerima Bapak kebetulan ke Malang, lalu omong-omong sedikit tentang pentingnya persaudaraan itu,” katanya.

Henricus Pidyarto merasa senang karena Ganjar menyempatkan waktu untuk berkunjung guna bersilahturahmi dengan pengurus Keuskupan Malang. “Saya senang beliau berkunjung,” ungkapnya.

93