Home Politik Rober Christanto Jabat Bupati Karanganyar 26 Hari

Rober Christanto Jabat Bupati Karanganyar 26 Hari

Karanganyar, Gatra.com –‎ Rober Christanto resmi menjabat Bupati Karanganyar, Jateng periode 2018-2023. Masa jabatannya hanya 26 hari hingga periodenya berakhir 15 Desember 2023 mendatang.

Ia yang dulunya Wakil Bupati menggantikan posisi bupati yang dijabat Juliyatmono. Pejabat definitif tersebut menundurkan diri karena nyaleg DPR RI. Rober sebelumnya berstatus Plt Bupati Karanganyar per 3 November 2023. Pelantikan Bupati Karanganyar Rober Christanto di Grhadhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Senin (20/11), bersamaan dengan pelantikan Pj Bupati Cilacap.

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, menyampaikan, serah terima jabatan merupakan hal biasa dan lumrah dilaksanakan suatu organisasi. Ia meminta Bupati Karanganyar Rober Christanto segera menyelesaikan sejumlah persoalan kemiskinan hingga pengangguran. Persoalan lain yang menjadi tantangan bagi Bupati Karanganyar juga masih tingginya angka pengangguran terbuka.

Menurutnya, Karanganyar memiliki potensi wisata yang sangat layak untuk dikembangkan. Tantangan dan peluang di masa depan, membutuhkan kepemimpinan yang kuat, inovatif, dan berorientasi pada pelayanan masyarakat.

"Kabupaten Karanganyar merupakan wilayah terluar Jateng, yang masing-masing memiliki potensi yang layak dikembangkan, baik dari segi sumber daya alam, manusia, maupun budaya, sekaligus menjadi 'wajah Jawa Tengah' di mata provinsi lain," tuturnya.

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, yang hadir di Semarang mengatakan, dasar hukum pelantikan Rober Christanto sebagai Bupati adalah melanjutkan masa jabatan Bupati Juliyatmono yang resminya berakhir pada 15 Desember 2023. Namun karena Bupati Juliyatmono mengundurkan diri maju menjadi caleg DPR pada Pemilu 2024 sehingga Rober sebagai Wabup Karanganyar melanjutkan sisa masa jabatan Juliyatmono.

"Pak Rober dilantik sebagai Bupati sampai 15 Desember. Untuk selanjutnya setelah 15 Desember 2023 akan dilantik Pj Bupati Karanganyar," kata dia.

Bagus Selo mengatakan, DPRD Karanganyar mengusulkan tiga nama kandidat sebagai Pj Bupati, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Timotius Suryadi, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar Kurniadi Maulato, dan Kepala Disperindag Martadi. Ketiga nama itu sudah diajukan dan diseleksi berdampingan dengan calon dari gubernur dan calon dari Mendagri yang juga masing-masing mengajukan tiga nama.

Sedangkan masa jabatan Pj Bupati Karanganyar akan berakhir sampai selesai Pilkada pada November 2024.

144