Home Nasional Survei ASI: Susi Pudjiastuti dan Witjaksono, Tokoh Berpengaruh Maritim

Survei ASI: Susi Pudjiastuti dan Witjaksono, Tokoh Berpengaruh Maritim

Jakarta, Gatra.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU), Witjaksono merupakan dua nama yang menurut publik sangat berpengaruh di bidang maritim. Hal itu terungkap dalam hasil survei nasional lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) yang dirilis, Kamis, 23 November 2023.

Nama Susi Pudjiastuti menjadi tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster pejabat publik/mantan pejabat publik. Sedangkan nama Witjaksono tokoh maritim yang paling berpengaruh dari kalangan akademisi/praktisi/pimpinan ormas.

"Terkait tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster pejabat publik/mantan pejabat publik, berikut ini urutan lima besar: Susi Pudjiastuti (26,7%), disusul Luhut Binsar Pandjaitan (23,0%), Sakti Wahyu Trenggono (10,7%), Rokhmin Dahuri (5,0%), dan Fadel Muhammad (4,7%)," kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an dalam paparan rilisnya, di Hotel Sofyan Jakarta, Kamis (23/11).

Sementara itu, lima tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster akademisi/praktisi/pimpinan ormas adalah Witjaksono, Yadi Sofyan Noor, Riza Damanik, Bambang Haryo Soekartono, dan Hasjim Djalal.

"Tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster akademisi/praktisi/pimpinan ormas, berikut ini urutan lima besar: Witjaksono (16,3%), disusul Yadi Sofyan Noor (10,3%), Riza Damanik (10,3%), Bambang Haryo Soekartono (9,7%), dan Hasjim Djalal (7,0%)," jelas Ali Rif’an.

Survei nasional ini bertema "Persepsi Publik Terhadap Visi Maritim Capres 2024" yang dilaksanakan pada 15-21 Oktober 2023 secara nasional di 34 Provinsi di Indonesia. Survei dilakukan lewat telepon dengan metode penarikan sampel random digit dialing (RDD). Jumlah sampel 1.200 responden, dengan asumsi simple random sampling maka margin of error (MoE) adalah +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

237