Home Ekonomi Tegang di Laut Merah, Segini Kenaikan Ongkos Kirim Kontainer

Tegang di Laut Merah, Segini Kenaikan Ongkos Kirim Kontainer

Copenhagen, Gatra.com - Ketegangan di Laut Merah membuat perusahaan pelayaran Denmark, Maersk, mengumumkan pengenaan biaya tambahan untuk pengiriman peti kemas antara Asia dan Eropa setelah mengubah rute kapalnya dari Terusan Suez melalui Tanjung Harapan, Afrika Selatan.

Maersk, salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia, mengatakan bahwa kapal-kapalnya akan menghindari Laut Merah bagian selatan dan Teluk Aden karena beberapa serangan di wilayah tersebut dan akan berlayar di sekitar Tanjung Harapan di Afrika Selatan.

Pembayaran termasuk Transport Disruption Surcharge (TDS) untuk menutupi biaya tambahan yang terkait dengan perjalanan yang lebih panjang dan Peak Season Surcharge (PSS) mulai 1 Januari.

Maersk mengutip gangguan operasional yang parah, mencatat bahwa kontainer standar 20 kaki yang melakukan perjalanan dari Cina ke Eropa Utara menghadapi total biaya tambahan $ 700, yang terdiri dari $ 200 TDS dan $ 500 PSS.

Perusahaan menambahkan biaya sebesar $500 untuk setiap kontainer yang menuju Pantai Timur AS, termasuk pembayaran TDS sebesar $200 dan biaya PSS sebesar $300.

Perusahaan mengkonfirmasi bahwa rute-rute di bagian lain dari jaringannya akan terpengaruh oleh gangguan Terusan Suez, yang akan menyebabkan biaya tambahan darurat dikenakan pada berbagai rute.

162