Home Info Beacukai Bea Cukai Yogyakarta Awasi Ekspor Tembakau Iris Senilai Ratusan Juta Rupiah

Bea Cukai Yogyakarta Awasi Ekspor Tembakau Iris Senilai Ratusan Juta Rupiah

Yogyakarta, Gatra.com – PT Taru Martani, perusahaan penerima fasilitas cukai di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta, kembali berhasil merambah pasar internasional melalui kegiatan ekspor tembakau Iris sejumlah 9.360 pak ke Kobe, Jepang. Pengiriman ekspor dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, pada Rabu (24/01). 

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta, Riri Riani, mengungkapkan bahwa Bea Cukai Yogyakarta berperan untuk melakukan pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai dalam proses ekspor yang dilaksanakan oleh PT Taru Martani.

“Bea Cukai Yogyakarta melakukan pemeriksaan dan penyegelan pada setiap boks yang akan diekspor dengan segel timah sebagai tanda pengamanan Bea Cukai,” ujar Riri.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-26/BC/2010, disebutkan bahwa segel atau tanda pengaman timah adalah segel atau tanda pengaman yang berupa timah dalam bentuk kancing dengan bentuk dan ukuran tertentu yang dipasang dengan kawat segel/tali pengikat menggunakan tang segel berlambang Bea Cukai dan nomor pengawasan, serta kabel tis.

Riri mengatakan bahwa jumlah tembakau iris yang diekspor sebanyak 9.360 pak yang dibagi ke dalam 56 boks, dengan total nilai ekspor mencapai US$9.136,8 atau setara Rp144 juta.

“Kami berharap PT Taru Martani dapat mempertahankan kegiatan ekspornya sehingga menambah catatan baik atas devisa negara melalui kegiatan ekspor. Bea Cukai Yogyakarta berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan kepada industri dalam negeri dengan tujuan mencapai keunggulan kompetitif atau dapat bersaing dalam pasar internasional,” pungkas Riri.

Situs web:                  www.beacukai.go.id
Facebook:                 https://www.facebook.com/beacukairi/
Twitter:                 https://twitter.com/beacukaiRI
Instagram:                 https://www.instagram.com/beacukaiRI/
Youtube :                 https://www.youtube.com/beacukaiRI