Home Internasional CIA, Mossad, PM Qatar, Pejabat Mesir Bertemu Membahas Gencatan Senjata di Gaza

CIA, Mossad, PM Qatar, Pejabat Mesir Bertemu Membahas Gencatan Senjata di Gaza

Kairo, Gatra.com - Direktur CIA William Burns, kepala Mossad David Barnea dan Perdana Menteri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani bertemu dengan para pejabat Mesir, untuk membahas gencatan senjata di Gaza, di Kairo pada hari Selasa, (13/2). 

AFP mengutip media Al-Qahera News Mesir melaporkan pertemuan kuartet, itu berlangsung ketika tekanan internasional meningkat mengenai gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas di Jalur Gaza, di mana para pejabat kesehatan mengatakan lebih dari 28.000 orang telah terbunuh.

Qatar dan Mesir telah menjadi penengah antara pihak-pihak yang bertikai dengan dukungan AS.

Sebuah proposal yang diajukan dengan perundingan Israel di Paris akhir bulan lalu telah mengalami pembahasan bolak-balik antara kedua belah pihak.

“Hamas dan faksi-faksi (militan lainnya) sedang menunggu hasil pertemuan di Kairo, dan Hamas terbuka untuk membahas inisiatif apa pun yang dapat mengakhiri agresi dan perang,” kata seorang pejabat Hamas kepada AFP, yang tidak mau disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Upaya gencatan senjata terjadi setelah Amerika Serikat dan PBB memperingatkan Israel agar tidak melakukan serangan darat ke Rafah, kota paling selatan di Gaza tempat lebih dari satu juta warga Palestina terjebak di pengungsian.

58