Home Hiburan QODIR Band Rilis Single ke-5 “Aku Butuh Dia”

QODIR Band Rilis Single ke-5 “Aku Butuh Dia”

Jakarta, Gatra.com - QODIR Band semakin menancapkan kukunya di industrimusik rock Tanah Air. Kehadirannya turut memberi warna pada skena musik rock anak muda yang makin jarang memainkan musik rock. QODIR menyuguhkan musik rock alternatif dengan spesifik aliran grunge sebagai pilihan.

Kesungguhan QODIR dalam berkarya ditunjukkan dengan merilis single ke-lima yang diberi judul “Aku Butuh Dia”. Lagu ini diambil dari kantung album ‘Seribu Bulan’ yang berisikan 9 lagu.

Leaderdari QODIR Band, Dul Jaelani mengungkapkan, lagu “Aku Butuh Dia” ditulisnya pada 2014 saat suasananya sedang risau dan resah. “Karena bikin liriknya spontan jadi cepet, paling pas take vokal aja ada beberapa bagian yang dimatengin lagi bareng-bareng di studio rekaman. Biar liriknya makin pas sama lagunya,” kata Dul.

Ia mengaku tidak ada kesulitan berarti saat rekaman vokal. “Karena saya suka teriak-teriak ngamuk sambil ngeband jadi lancar-lancar aja pas take vokal-nya, hahah,” ujar Dul.

Seperti biasa, QODIR Band menyajikan lagu-lagu dengan lirik yang terinspirasi dari ideologi spoken word. “Mengambil ide dari seni pertunjukan di mana seseorang menuangkan pemikirannya terhadap suatu hal seperti politik, religi, edukasi, sosial, cinta, dan lainnya di laguini. QODIR membahas soal keresahan di dunia cinta tapi dengan kata-kata yang manis seperti kata “Dia”-nya itu rahasia,” ungkapnya.

QODIR Band, lanjut Dul, mempersilahkan pendengar atau fans menerka suara misterius dari lirik lagu. Spoken word yang terkenal dengan perenungan mendalam itu juga tersampaikan secara tersirat di video musik “Aku Butuh Dia”. “Kalau ditanya tentang pesan dari lagu ini, enggak ada yang spesifik sih. Cuma saya ingin menggarisbawahi tentang musik QODIR ini. Kami ingin mensyiarkan musik rock yang energik, semangat dan penuh semangat di kalangan Gen Z,” ucap Dul, vokalis yang merangkap bassist.

Gitaris QODIR Band, Muhammad Xaviar menambahkan, dari sisi proses rekaman sampai mastering dan mixing lagu ‘Aku ButuhDia’ membutuhkan waktu yang lama dibandingkan proses lagu-lagu lain. “Akhirnya kita coba eksperimen untuk menambah ornamen lain selain distorsi seperti suara-suara synthesizer dan sound-sound gitar yang enggak pada umumnya. Juga tambahan brass section dan biola. Biar lagu rock ini bukanlagu rock biasa. Jadi, orang yang denger serasa lagi dibawa jalan-jalan. Hahaha…” kata Muhammad Xaviar.

Bagi QODIR, musik yang mereka mainkan terinspirasi dari ideologi grup band dunia Queen dalam membuatlagu, yaitu melampui genre dan selalu mencobamembuat genre baru. Karena menurut QODIR, tugas musisi muda jamansekarang dengan kemajuan teknologi dan keanekaragaman musik adalah selalu berusaha menciptakan genre baru dengan rasa yang pas.

Bicara musik videonya, “Aku Butuh Dia”, QODIR ingin menyajikan sesuatu yang juga beda dari kebanyakan video musik yang ada. Dalam proses developing konsep video musik “Aku Butuh Dia’, QODIR bekerja sama dengan sutradara Dom Dharmo untuk mendiskusikan bentuk dan konsep yang spesial untuk lagu yang penuh dengan eksperimen dalam komposisi musiknya.

13