Home Pendidikan Jalur SMMPTN Barat 2024 Kembali Dibuka, Simak Jadwalnya

Jalur SMMPTN Barat 2024 Kembali Dibuka, Simak Jadwalnya

Jakarta, Gatra.com - Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah (SMMPTN Barat) tahun 2024 kembali dibuka. Dalam seleksi tahun ini, ada 25 perguruan tinggi negeri (PTN) yang ikut dalam prosesi seleksi bersama ini. Nantinya, perguruan tinggi tersebut dapat dipilih pada jalur yang merupakan alternatif Jalur Mandiri tersebut.

SMMPTN Barat merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antarperguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN Barat .

Dalam penjelasannya, Wakil Ketua SMMPTN Barat 2024, Ibrahim mengatakan para calon mahasiswa dapat memilih 750 program studi (prodi) dari 25 PTN. Masing-masing peserta SMMPTN Barat dapat memilih empat prodi tanpa pembatasan ketentuan PTN maupun PTN Vokasi.

Hal ini membedakan seleksi SMMPTN Barat dengan seleksi nasional berbasis tes (SNBT) memilih 4 prodi tapi dengan ketentuan PTN dan PTN Vokasi.

"Di SMMPTN Barat boleh memilih lintas PTN, prodi dan rumpun saintek mupun soshum," tutur Ibrahim dalam gelaran Soft Launching SMMPTN Barat secara daring, Jumat (8/3).

Lebih lanjut, peserta yang mengikuti UTBK SMMPTN Barat 2024 terlebih dahulu harus mendaftarkan diri secara online melalui laman pendaftaran resmi (https://pendaftaran.smmptnbarat.id/). Proses pendaftaran online merupakan rangkaian yang harus dipenuhi oleh peserta sampai pada tahap finalisasi yaitu cetak kartu ujian dan peserta Wajib mengikuti UTBK SMMPTN Barat sesuai dengan jadwal yang tersebut pada kartu ujian. 

Selain itu, Rektor Universitas Bangka Belitung ini menegaskan setiap peserta yang lolos SNBP tidak diperkenankan ikut SNBT. Pun dengan peserta yang lolos SNBT, tidak diperbolehkan untuk ikut Jalur Mandiri, termasuk tidak boleh mengikuti SMMPTN Barat 2024.

"Tapi jika belum lolos SNBP dan SNBT bisa daftar sebagai alternatif di SMMPT Barat," kata dia.

Disisi lain, Ketua BKS PTN Barat, Muryanto Amin menyebut, SMMPTN Barat merupakan jalur alternatif bagi alumni SMA yang ingin masuk PTN namun belum lolos di jalur SNBP dan SNBT.

Apalagi, kuota untuk jalur SNBP dan SNBT terbatas. Seleksi bersama semacam SMMPTN Barat ini dlakukan untuk tujuan efisiensi dan pembagian proporsional antara satu PTN dengan PTN lainnya.

"Bagi para guru yang hadir saat ini, untuk bisa menyampaikan informasi kepada siswa-siswanya, ini menjadi sebuah cara bagi kami untuk memberikan waktu kepada adik-adik memilih prodi yang diinginkan, sebelum dimulai tanggal pendaftarannya," jelasnya.

Berikut Jadwal SMMPTN Barat 2024

8 Maret 2024: Soft Launching SMMPTN Barat 2024

4 Mei 2024: Grand Launching

4 Mei-20 Juni: Pendaftaran SMMPTN Barat 2024

27 Juni-5 Juli 2024: Tes SMMPTN Barat

9 Juli 2024: Pengumuman SMMPTN Barat 2024

Pertengahan Agustus: Mulai Perkuliahan

49