Home Regional One Way Arus Balik Lebaran Diberlakukan Mulai GT Kalikangkung Hingga Tol Cipali

One Way Arus Balik Lebaran Diberlakukan Mulai GT Kalikangkung Hingga Tol Cipali

Semarang, Gatra.com - Pemerintah resmi memberlakukan sistem one way atau satu arah di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang hingga Km 72 Tol Cipali.

Peresmian sistem satu arah ditandai dengan pengibaran bendara pemberangkatan kendaraan menuju Jakarta dan sekitarnya yang dilakukan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di GT Kalikangkung Semarang, Sabtu (13/4).

Hadir pula Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi

Pemberlakuan satu arah ini guna mendukung kelancaran arus lalu lintas pada saat balik Lebaran itu dilaksanakan mulai 13-16 April 2024. “Setiap ruas tol atau masing-masing pintu masuk sudah langsung dibuka pada waktu bersamaan,” kata Muhadjir Effendy.

Kepada para pemudik, Muhadjir mengingatkan supaya mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan supaya selamat sampai rumah. “Cek e-tol, kondisi kendaraan, dan BBM, serta manfaatkan rest area sepanjang perjalanan, serta jangan parkir di bahu jalan,” imbaunya.

Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan menjelaskan, sebelum diberlakukan satu arah, sterilisasi kendaraan di jalur tol GT Kalikangkung menuju tol Cipali juga telah dilakukan. “Pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap juga akan diberlakukan,” ujarnya.

Aan menambahkan untuk memantau kecepatan kendaraan dalam batas aman saat contraflow, anggota polisi lalu lintas akan melaksanakan patroli sepanjang jalur dengan interval 30 menit.

"Pembatas pemisah jalur juga akan diperbanyak untuk menjaga keamanan dan keselamatan kendaraan di jalur contra flow,” katanya. “Kami minta agar sesama pengguna jalan untuk menjaga toleransi dan saling menghormati pemakai jalan lainnya. Mudah-mudahan bisa lancar dan selamat sampai tujuan.”

117