Home Olahraga Liang/Wang Menang Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024

Liang/Wang Menang Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024

Jakarta, Gatra.com - Wakil ganda putra China Liang Wei Keng/Wang Chang menang atas wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di babak final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 64 menit di Ningbo Olympic Sports Center, China, Minggu (14/4), Liang/Wang menang rubber game, yakni 21-17, 15-21, 21-10.

Pada paruh awal gim pertama, kedua pasangan saling berbalik memimpin. Saat interval, pasangan peringkat 3 dunia unggul tipis atas Goh/Nur, 11-10. Setelahnya, Liang/Wang terus menjaga gap poin dan tidak pernah tertinggal hingga akhir gim pertama.

Paruh awal gim kedua juga dibuka dengan kejar-kejaran poin kedua pasangan. Sempat imbang 5-5, 8-8, dan 10-10, Goh/Nur mengambil poin dan membuatnya unggul 11-10 saat interval.

Usai turun minum, pasangan Malaysia mengumpulkan 5 poin beruntun dan terus unggul yang membuat pertandingan berlangsung hingga rubber game.

Berbeda dengan awal gim pertama dan gim kedua, Liang/Wang tampil dominan dan terus mengumpulkan poin demi poin. Sempat ketat 5-5, pasangan China terus menekan. Hasilnya, Goh/Nur kerap melakukan kesalahan sendiri yang membuat poin lawan terus bertambah. Liang/Wang unggul 11-6, dan terus melaju hingga menutup gim 21-10.

Kemenangan ini membuat keunggulan pasangan China atas pemain peringkat 19 dunia itu bertambah menjadi 2-0. Hasil ini juga memastikan China telah menyegel dua gelar juara setelah di pertandingan sebelumnya wakil tunggal putri Wang Zhi Yi menang atas Chen Yu Fei.

40