Home Gaya Hidup Cara Warga Karanganyar Sosialisasi Pilkada lewat Seni Pertunjukan

Cara Warga Karanganyar Sosialisasi Pilkada lewat Seni Pertunjukan

Karanganyar, Gatra.com - Sosialisasi Pilkada 2024 di Kabupaten Karanganyar, Jateng disampaikan lewat rembug warga yang dikemas seni pertunjukan. Para penampil merupakan seniman dari Paguyuban Sekar Korwil Jatiyoso.

Kegiatan yang diselenggarakan Diskominfo Kabupaten Karanganyar, Jateng di Balai Desa Tlobo, Jatiyoso, ini bertajuk Rembug Warga Cerdas Mewujudkan Pilkada Damai 2024, pada Selasa (23/4).

Para seniman mengawali rembug warga dengan memunculkan cerita minimnya pengetahuan tentang pemilihan umum bupati wakil bupati. Diceritakan, warga setempat hanya tahu pemilu tahun ini sudah berlalu usai coblosan pileg dan pilpres. 

Ternyata, masih ada pemilihan lagi untuk calon bupati/walikota dan wakilnya serta calon gubernur dan wakilnya. Namun, mereka tak tahu kapan jadwal pemilihan itu dan siapa saja yang akan dipilih nantinya.

Para seniman cukup piawai menyuguhkan akting serta bermusik. Mereka yang tampil kebanyakan seniman muda wilayah Jatiyoso. 

Dalam kebimbangan itu, diundanglah Ketua KPU Karanganyar, Daryono memberi informasi lengkap. Di panggung, ia duduk di kursi yang dikelilingi warga. 

Ia menjelaskan coblosan Pilkada 2024 pada November mendatang. Saat ini tahapan sudah berjalan. Terkait siapa pasangan calon-calonnya, warga dapat mengakses informasi di laman situs KPU.

"Belum sampai tahapan pendaftaran calon. Tapi simak terus update nya. Jadi, jangan salah memberi informasi kalau Anda sendiri juga bingung," kata Daryono.

Ia juga mengajak masyarakat berdamai pasca pemilu kemarin agar menyukseskan gelaran pilkada.

Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Karanganyar, Sopiyatun mengatakan, rembug warga merupakan program unggulan Diskominfo Karanganyar. Berbagai tema yang disuguhkan, selalu menggandeng seniman Karanganyar. Untuk tema kali ini, ia menggandeng Sekar Korwil Jatiyoso.

"Persiapannya sekaligus latihan hanya sepekan. Keburu waktu karena para seniman laris manis ditanggap momen lebaran," katanya.

Dalam rembug warga, kegiatan itu untuk menyikapi diseminasi informasi, dalam hal ini tentang kepemiluan. Wilayah Jatiyoso dipilih menyelenggarakan Rembug Warga bertema kepemiluan lantaran madih butuh edukasi bagi warga lereng Gunung Lawu ini terkait pilkada 2024. Sasaran sosialisasi pada rembug warga di Jatiyoso adalah penggerak PKK dan Karang Taruna.

18