Home Internasional Tank Israel Mengepung Bagian Timur Rafah

Tank Israel Mengepung Bagian Timur Rafah

Rafah, Gatra.com - Tank-tank Israel menguasai jalan utama yang membagi bagian timur dan barat Rafah pada hari Jumat. Secara efektif tank-tank mengelilingi seluruh sisi timur kota di Jalur Gaza selatan.

Reuters, Jumat (10/5 ) melaporkan, penduduk menggambarkan ledakan dan tembakan yang hampir terjadi terus-menerus di timur dan timur laut kota pada hari Jumat, dengan pertempuran sengit antara pasukan Israel dan militan dari Hamas dan Jihad Islam.

Hamas mengatakan pihaknya menyergap tank-tank Israel di dekat sebuah masjid di sebelah timur kota tersebut, sebuah tanda bahwa Israel telah melakukan penetrasi beberapa kilometer dari timur ke pinggiran kawasan yang dibangun.

Israel telah memerintahkan warga sipil keluar dari bagian timur Rafah, dan memaksa puluhan ribu orang mencari perlindungan di luar kota, yang sebelumnya merupakan tempat perlindungan terakhir bagi lebih dari satu juta orang yang meninggalkan wilayah lain, di wilayah tersebut selama perang.

Israel mengatakan mereka tidak bisa memenangkan perang tanpa menyerang Rafah untuk membasmi ribuan pejuang Hamas yang diyakini berlindung di sana. Hamas mengatakan mereka akan berjuang untuk mempertahankannya. 

Badan-badan bantuan mengatakan pertempuran itu membahayakan ratusan ribu warga sipil yang sudah kehilangan tempat tinggal.

“Ini tidak aman, seluruh Rafah tidak aman karena peluru tank mendarat di mana-mana sejak kemarin,” kata Abu Hassan, 50 tahun, warga Tel al-Sultan di sebelah barat Rafah kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

“Saya mencoba untuk pergi tetapi saya tidak mampu membeli 2.000 shekel untuk membeli tenda bagi keluarga saya,” katanya. “Ada peningkatan perpindahan orang keluar dari Rafah bahkan dari wilayah barat, meskipun mereka tidak ditetapkan sebagai zona merah oleh pendudukan.

“Tentara menargetkan seluruh Rafah tidak hanya di timur dengan serangan tank dan serangan udara,” katanya.

Militer Israel mengatakan pasukannya di Rafah timur telah menemukan beberapa terowongan dan pasukan yang didukung oleh serangan udara bertempur dari jarak dekat, dengan kelompok pejuang Hamas, menewaskan beberapa orang.

Dikatakan bahwa jet-jet Israel telah menghantam beberapa lokasi di mana roket dan mortir ditembakkan ke arah Israel dalam beberapa hari terakhir, termasuk di titik penyeberangan Kerem Shalmon.

Tank-tank Israel telah menutup Rafah timur dari selatan, merebut dan menutup satu-satunya penyeberangan antara wilayah kantong tersebut dan Mesir. Kemajuan pada hari Jumat ke jalan Salahuddin yang membagi dua jalur tersebut menyelesaikan pengepungan “zona merah”, di mana mereka telah memerintahkan warga untuk keluar.

Serangan terhadap Rafah minggu ini telah membuka salah satu perpecahan terbesar selama beberapa generasi antara Israel dan sekutu terdekatnya Amerika Serikat, yang telah memblokir pengiriman senjata ke Israel untuk pertama kalinya sejak perang dimulai.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Kamis bahwa Israel akan “berjuang dengan sekuat tenaga” jika memang harus melakukannya. Dalam wawancara televisi AS, dia mengatakan dia berharap Israel akan mengatasi perselisihannya dengan Presiden Joe Biden.

Perundingan gencatan senjata terhenti pada hari Kamis tanpa adanya kesepakatan untuk menghentikan pertempuran dan melepaskan sandera yang ditangkap, dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang.

Hamas mengatakan pada awal pekan ini pihaknya menyetujui proposal yang diajukan oleh mediator Qatar dan Mesir, yang sebelumnya telah diterima oleh Israel. Israel mengatakan usulan Hamas mengandung unsur-unsur yang tidak dapat diterima.

Lebih dari 34.000 warga Gaza tewas dalam tujuh bulan perang, menurut otoritas kesehatan di daerah kantong yang dikuasai Hamas dan mengatakan ribuan orang tewas mungkin terkubur di bawah reruntuhan. Israel melancarkan serangan untuk memusnahkan Hamas setelah serangan 7 Oktober, yang menurut perhitungan Israel menewaskan 1.200 orang.

50