Home Pendidikan Persiapkan World Class University, UIN Walisongo Bangun Jejaring Internasional

Persiapkan World Class University, UIN Walisongo Bangun Jejaring Internasional

Paris, Gatra.com - Dalam rangka mempersiapkan World Class University, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo membangun jejaring kerjasama Internasional. 

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan beberapa universitas dan lembaga di luar negeri. 

Kerjasama dilaksanakan beberapa waktu yang lalu oleh rombongan UIN Walisongo yang dipimpin oleh Prof. Nizar, M.Ag. (Rektor) didampingi Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan.

Baca Juga: UIN Walisongo Kukuhkan 15 Guru Besar Serentak, Siap Kuatkan Mutu Akademik Perguruan Tinggi

Adapula, Wakil Direktur Pascasarjana, Prof.Dr. H.Muhyar Fanani, M.Ag., Kepala Kantor Layanan Internasional Nadiatus Salama, Ph.D, dan Ahli Madya Analis Kebijakan Kementerian Agama RI Fertiana Santy, Ph.D.

UIN Walisongo membangun jejaring internasional dikawasan United Kingdom dan Prancis melalui pengembangan kerjasama melalui akademik visit diberbagai universitas yaitu University of Edinburgh, University of Strathclyde Glasglow dan Middlesex University London. 

Rektor UIN Walisongo Prof. Nizar, M.Ag. (tengah) memimpin upaya membangun jejaring dengan berbagai lembaga di luar negeri. (Dok.UIN Walisongo)

Selain itu UIN Walisongo juga pengembangan kerjasama dengan Islam Channel London, saluran televisi satelit dan platform media online berbasis Islam dengan menggunakan bahasa Inggris dan berfokus pada Islam. 

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Walisongo Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag menyampaikan salah satu hasil kerjasama di Lyon, Prancis.
 
“Hasil pengembangan kerjasama melalui akademic visit di Institut Francais de Musulman salah satunya adalah UIN Walisongo mentraining calon imam selama satu semester dan memberikan sertifikat kepada mereka,” ujarnya.

Selain itu nantinya akan dibangun pusat studi Prancis di UIN Walisongo. Sedangkan dengan Alwaleed Center University of Edinburgh nantinya adanya kolaborasi riset. 

Baca Juga: Kemenag Siap Jalankan Penuh Program Cyber Islamic University di 2024

“Mahasiswa UIN Walisongo nantinya, bisa mengikuti event akademik secara gratis disana dan short course di Edinburgh,” terangnya.

Pengembangan kerjasama dengan University of Strathclyde Glasglow dibidang social science dan humanities yang nantinya bisa berkolaborasi dengan Fakultas Psikologi dan Kesehatan diantaranya melalui visiting profesor dan ruang bagi student mobility. 

Hasil pengembangan kerjasama dengan Middlesex University London adalah tentang pengelolaan BLU dan pengembangan universitas melalui tata aset dan unit usaha yang bisa diadopsi di UIN Walisongo.

23